Pasien di Balikpapan yang dinyatakan sembuh kembali terjangkit Covid-19

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:34 WIB Sumber: Kompas.com
Pasien di Balikpapan yang dinyatakan sembuh kembali terjangkit Covid-19

ILUSTRASI. Pasien tersebut sebelumnya sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.


VIRUS CORONA - BALIKPAPAN. Seorang warga asal Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Padahal, pasien tersebut sebelumnya sudah dinyatakan sembuh setelah dilakukan perawatan medis akibat terjangkit virus yang sama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pasien yang kembali terjangkit virus corona tersebut diketahui merupakan seorang tenaga kerja Indonesia (TKI). Pasien laki-laki berusia 35 tahun itu sebelumnya terjangkit virus corona saat bekerja di Arab Saudi.

Setelah mendapat perawatan medis di Arab Saudi, pasien itu dinyatakan telah sembuh. Karena terkena pengurangan karyawan di tempat kerjanya, dia kemudian memutuskan pulang ke kampung halamannya di Balikpapan.

Baca Juga: Bertambah, jumlah ODP dari kluster Mitra 10 Bogor jadi 86 orang

Namun, setelah pulang dan melakukan pengecekan ulang, yang bersangkutan justru kembali dinyatakan positif. “Ini unik dan merupakan kasus pertama di Balikpapan yakni pasien sudah dinyatakan sembuh tapi kembali positif Covid-19,” tutur Andi, Rabu (17/6).

Setelah dinyatakan positif, saat ini pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Pertamina, Balikpapan. Terkait temuan kasus baru itu, lanjut dia, dianggap sangat memungkinkan terjadi kepada pasien yang sudah sembuh.

Baca Juga: Corona di Amerika Latin: Jumlah kasus terus naik, Peru geser Italia

Oleh karena itu, dalam melakukan penanganan terhadap pasien corona, mereka yang sudah dinyatakan sembuh tetap diminta melakukan isolasi di mandiri. “Makanya di Balikpapan, setiap pasien yang sembuh diberikan surat keterangan sembuh dan surat pernyataan melanjutkan isolasi mandiri 14 hari setelah sembuh,” tutup Andi. (Zakarias Demon Daton)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kasus Pertama di Balikpapan, Pasien yang Dinyatakan Sembuh Kembali Terjangkit Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru