Paslon Andika-Hendi dan Luthfi-Yasin Bakal Lakukan Tes Kesehatan Hari Ini (29/8)

Kamis, 29 Agustus 2024 | 06:47 WIB Sumber: Kompas.com
Paslon Andika-Hendi dan Luthfi-Yasin Bakal Lakukan Tes Kesehatan Hari Ini (29/8)

ILUSTRASI. bakal calon Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol Ahmad Luthfi (kiri) dan bakal calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (tengah) akan lakukan tes kesehatan pada hari ini (29/8) ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom.


PILKADA - JAKARTA. Dua pasangan calon (paslon) kepala daerah Jawa Tengah (Jateng) yang sudah mendaftar ke KPU akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari ini (29/8). 

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengatakan, paslon tersebut yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang diusung PDI-P dan paslon Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang diusung 9 partai politik. 

Handi menjelaskan, semula kedua paslon tersebut dijadwalkan mengikuti tes kesehatan pada Jumat (30/8) di RS Kariadi Semarang. 

Namun lantaran padatnya jadwal di hari itu, maka tes diajukan sehari sebelumnya, atau menjadi hari ini. 

"Kebetulan ini kan ada kabupaten/kota yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Kariadi. Maka jadwal yang tadinya tanggal 30 Agustus diajukan jadi pukul 7 pagi tanggal 29 (Agustus), hari Kamis ya," ungkap Handi usai menerima berkas pendaftaran Luthfi-Yasin di kantornya, Rabu (28/8). 

Baca Juga: Respati Ardi Maju Pilkada Solo 2024 Gantikan Gusti Bhre

Dia bilang, kedua paslon itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan kejiwaan. Total terdapat 20 rincian pemeriksaan. 

"Ada 18 item pemeriksaan fisik, ada pemeriksaan kejiwaan secara menyeluruh dan bebas dari narkoba dan psikotropika. Jadi ada 20 hal yang diperiksa, bisa jadi 12 jam pemeriksaannya," ungkap Handi. 

Lebih lanjut, KPU Jateng menyatakan seluruh berkas administrasi kedua paslon telah diterima sejak 27 Agustus hingga 28 Agustus 2024. Tak terkecuali surat kesediaan mengundurkan diri dari jabatan yang diemban. 

Seperti diketahui Hendi menjabat sebagai Ketua LKPP, Luthfi masih menjabat Irjen Mendag, dan Yasin menjadi anggota DPD terpilih.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Andika-Hendi dan Luthfi-Yasin Jalani Tes Kesehatan untuk Syarat Pilkada Jateng Hari Ini", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/08/29/063200078/andika-hendi-dan-luthfi-yasin-jalani-tes-kesehatan-untuk-syarat-pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru