Umum

Pekan 2 Februari, zona merah corona bertambah, Jateng terbanyak, Jakarta naik lagi

Kamis, 18 Februari 2021 | 08:58 WIB   Reporter: kompas.com
Pekan 2 Februari, zona merah corona bertambah, Jateng terbanyak, Jakarta naik lagi

ILUSTRASI. Pekan 2 Februari, zona merah corona bertambah, Jateng terbanyak, Jakarta naik lagi ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenaikan zona merah corona di Indonesia kembali terjadi pada pekan kedua Februari 2021. Kenaikan zona merah corona antara lain berasal dari Jawa Tengah. Walhasil, provinsi ini sebagai daerah dengan zona merah corona terbanyak sejak awal tahun 2021.

Satgas Covid-19 mencatat zona merah corona per 14 Februari 2021 menjadi 44 kabupaten/kota. Sumber penambahan zona merah corona antara lain dari Jawa Tengah sebanyak 8 wilayah dan Jakarta dengan 5 wilayah.

Mengutip laman Covid19.go.id, hingga Minggu (14/2) jumlah zona merah corona di Indonesia naik menjadi 44 kabupaten/kota. Jumlah zona merah corona tersebut bertambah dari pekan sebelumnya 7 Ferbruari 2021 yang mencapai ada 43 daerah.

Zona merah corona adalah daerah berisiko tinggi penularan virus corona. Satgas Covid-19 memperbarui data zona penularan virus corona, dari zona merah, zona hijau, dan zona oranye setiap minggu.

Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia terus bertambah setiap hari. Melansir laman Covid19.go.id, hingga Rabu (17/2) ada tambahan 9.687 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.243.646 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 8.002 orang sehingga menjadi sebanyak 1.047.676 orang.Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 192 orang menjadi sebanyak 33.788 orang.

Baca juga: Simak penjelasan WHO tentang mutasi virus corona yang diperkirakan lebih mematikan

Zona merah corona terbanyak masih berada di Jawa Tengah yang mencapai 8 kabupaten/kota. Jumlah zona merah corona di Jawa Tengah tersebut bertambah dari pekan sebelumnya yang mencapai 6 wilayah.

Peningkatan jumlah zona merah corona juga terjadi di Jakarta. Kini di Jakarta terdapat 5 daerah zona merah corona. Pekan sebelumnya, zona merah corona di Jakarta hanya 4 wilayah.

Sedangkan Bali menjadi daerah dengan zona merah terbanyak kedua, sebanyak 6 wilayah. Jumlah zona merah corona di Bali tersebut sama seperti pekan sebelumnya.

Padahal, ketiga wilayah tersebut sudah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM). Namun, PPKM belum berhasil menekan kasus Covid-19 di ketiga wilayah tersebut.

Berikut daftar zona merah corona di Indonesia berdasarkan data terbaru, 14 Februari 2021:

Zona Merah Corona di Sumatera Utara

  • Kota Medan

Zona Merah Corona di Sulawesi Utara

  • Kota Manado
  • Kota Tomohon¬†¬†

Baca zona merah corona lain di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto


Terbaru