Pekerja kehutanan Riau ingin ketemu Jokowi

Jumat, 21 Juli 2017 | 06:00 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pekerja kehutanan Riau ingin ketemu Jokowi

JAKARTA. Pekerja kehutanan di Riau yang resah akan terkena dampak dari regulasi gambut, berharap bisa bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa menyampaikan aspirasi nya.

“Kabarnya kan, tanggal 23 Juli ini Pak Jokowi mau ke Riau, kami berharap bisa bertemu dan menyampaikan keresahan kami pada beliau,” ujar Ketua SPSI Riau Nursal Tanjung, dalam siaran pers Kamis (20/7).

Nursal mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa duduk bersama pemerintah, membicarakan keresahan pekerja Hutan Tanaman Industri akan dampak implementasi Permen LHK P.17/2017.

SPSI Riau bersama sejumlah serikat pekerja, asosiasi pengusaha dan kelompok masyarakat Riau yang tergabung dalam Forum Perjuangan Ekonomi dan Sosial Gambut, (FPESGR) pernah mengirimkan surat untuk audiensi dengan Gubernur Riau, namun hingga saat ini belum terlaksana.

“Bulan Mei lalu, kami juga sudah kirim surat ke Menteri LHK tapi juga belum ada respon,” ujar Nursal.

Gubernur Riau sendiri mengaku telah mendengar keluhan terkait regulasi gambut tersebut, dan telah menyampaikannya pada pemerintah pusat, namun tidak mendapat respon yang memuaskan dari pemerintah pusat.

Kementerian LHK juga telah mengeluarkan Permen P.40/2017  tentang fasilitasi pemerintah pada usaha hutan tanaman industri dalam rangka perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut.

Namun Permen tersebut dinilai Nursal, tidak menjawab permasalahan pekerja yang terancam PHK masal, jika perusahaan harus kehilangan lahan atau pindah ke daerah lain. “Mungkin dengan kehadiran Pak Jokowi ke Riau, suara kami nanti bisa lebih di dengar,” imbuhnya.

Nursal mengaku belum tahu akan bisa mendapatkan kesempatan bertemu Presiden langsung atau tidak. Namun ia mengaku telah menyiapkan cara-cara agar aspirasinya bisa tersampaikan.

“ Bagus kalau bisa berdialog langsung, kalau tidak bisa ya mungkin bisa lewat media. Atau kami bisa ikut menyambut Pak Jokowi berdiri di pinggi jalan, sambil membentangkan tulisan , ‘Selamat Datang Pak Jokowi, Tolong Perhatikan Nasib Pekerja Riau’,” kata Nursal.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru