Pelabuhan dan bandara Bali ditutup saat Nyepi 2021, ini jadwalnya

Kamis, 11 Maret 2021 | 12:26 WIB Sumber: Kompas.com
Pelabuhan dan bandara Bali ditutup saat Nyepi 2021, ini jadwalnya

ILUSTRASI. Suasana lengang Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali.


TRANSPORTASI - DENPASAR. Pada Hari Raya Nyepi 2021, pintu-pintu masuk Bali yakni pelabuhan dan bandar udara akan menutup layanan selama 24 jam. Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, akan menutup layanan penyeberangan pada Minggu (14/3) pukul 06.00 Wita dan baru dibuka pada Senin (15/3) pukul 06.00 Wita.

General Manager ASDP Ketapang Edi Hermawan mengatakan, Gilimanuk baru ditutup pukul 06.00 Wita untuk memberi kesempatan penumpang yang menyeberang ke Jawa. "Kenapa baru ditutup jam 06.00 Wita, takutnya ada orang yang menuju ke Jawa masih ada di jalanan. Jadi diusahakan jam 05.00 Wita itu sudah ada di pelabuhan," kata Edi, Kamis (11/3).

Sementara di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi layanan penyeberangan ke Bali ditutup lebih awal yakni pada Minggu (14/3) pukul 00.00 Wita. Ketapang ditutup lebih awal karena masih memberi kesempatan penumpang yang sampai di Bali masih ada waktu perjalanan ke rumah masing-masing sebelum Nyepi.

"Karena kita perkirakan mereka jam 02.00 Wita nyampe Bali dan masih bisa perjalanan ke rumah masing-masing dalam waktu empat jam," kata dia. Kebijakan di atas juga berlaku di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali.

Baca Juga: Ke Puncak tapi tak bawa surat rapid test antigen, siap-siap putar balik

Dia mengatakan, hingga saat ini arus penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk belum ada peningkatan signifikan. Ia memprediksi peningkatan orang keluar-masuk Bali jelang Nyepi pada 12 dan 13 Maret 2021. "Belum terlihat peningkatan karena masih ada dua hari ke depan," kata dia.

Sementara itu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, akan tutup operasional penerbangan selama 24 jam pada Minggu (14/3) pukul 06.00 hingga Senin (15/3) pukul 06.00 Wita. Kebijakan ini merujuk notice to airmen (Notam) nomor 0357/21 NOTAMN.

Dengan demikian, semua penerbangan baik datang dan berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ditiadakan. "Kebijakan ini dikecualikan untuk penerbangan yang bersifat darurat," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado dalam keterangan tertulis, Kamis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Nyepi 2021, Pelabuhan dan Bandara Ditutup, Ini Jadwalnya.
Penulis: Kontributor Bali, Imam Rosidin
Editor: Khairina

Baca Juga: ASN diperbolehkan pergi ke luar daerah selama 10-14 Maret dengan dua alasan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru