Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat IKN Dimulai Senin (4/7)

Minggu, 03 Juli 2022 | 21:09 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
 Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat IKN Dimulai Senin (4/7)

ILUSTRASI. TITIK NOL NUSANTARA. KONTAN/Fransiskus SImbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Transisi Ibu Kota Nusantara (IKN) menyatakan, pelatihan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengantisipasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dibuka pada Senin pagi, 4 Juli 2022.

Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono mengaatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM). Terutama pada masyarakat lokal, sejalan dengan pembangunan IKN yang akan segera dimulai.

"Pembukaan pelatihan yang dikoordinasikan tim Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) ini akan diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur," kata Sidik dalam keterangan resminya, Minggu (3/7).

Baca Juga: Tender Proyek Pembangunan IKN Dibuka, Sejumlah Perusahaan Konstruksi Persiapkan Diri

Sidik menyebut, pembukaan pelatihan akan dihadiri oleh Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Dhony Rahajoe dan diharapkan juga akan dihadiri Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul).

Ia menuturkan, program pelatihan tahap pertama akan diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Samarinda, Kementerian Tenaga Kerja dan terdiri atas lima jenis pelatihan. Yakni pelatihan hidroponik, sablon atau digital printing, menjahit, pembuatan roti, dan barista.

Peserta setiap jenis pelatihan sebanyak 16 orang yang merupakan hasil identifikasi oleh Pemerintah Kecamatan Sepaku.

"Mereka akan menjalani pelatihan dengan durasi berbeda sesuai jenis pelatihan, rerata 20 hari efektif," ucap Sidik.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol IKN Segera Dilelang, Begini Respons BPJT, Jasa Marga, hingga WIKA

Pelatihan bagi warga ini diharapkan dapat memberikan pengakuan akan kompetensi yang dimiliki SDM di wilayah IKN melalui uji kompetensi serta sertifikasi. Selain itu untuk membangun jejaring kerja bagi warga lokal agar mampu berkontribusi optimal ketika tahapan pembangunan IKN dimulai.

"Saat ini terdata sebanyak 28 jenis pelatihan yang diagendakan untuk warga di wilayah IKN," pungkas Sidik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru