Pelindo: Pelabuhan Makassar Catatkan Pertumbuhan Penumpang 122,58% pada 2023

Selasa, 13 Februari 2024 | 10:24 WIB   Reporter: Dimas Andi
Pelindo: Pelabuhan Makassar Catatkan Pertumbuhan Penumpang 122,58% pada 2023


PELINDO - JAKARTA. Pelabuhan Makassar kembali tercatat sebagai pelabuhan yang tersibuk dan terpadat sepanjang 2023, khususnya di Regional 4. Kondisi tersebut terlihat dari data, di mana PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar mencatat pertumbuhan di atas 100% yang utamanya untuk arus penumpang.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin mengatakan, hingga Desember 2023 pihaknya berhasil meraup jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar sebanyak 916.461 orang.

Baca Juga: Pelindo Layani Arus Peti Kemas 17,7 Juta TEUs Sepanjang 2023

“Jumlah itu mengalami pertumbuhan sebesar 122,58% dibandingkan tahun sebelumnya, di mana penumpang yang naik dan turun di 2022 lalu hanya sebanyak 747.655 orang,” kata Iwan dalam keterangan resmi, Selasa (13/2).

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda transportasi angkutan laut masih cukup tinggi, terutama bagi para penumpang dengan tujuan ke wilayah timur Indonesia.

Tidak hanya arus penumpang, Pelindo Regional 4 Makassar juga mencatat pertumbuhan yang rerata di atas 100% untuk arus kunjungan atau call kapal dan arus barang non peti kemas. 

Baca Juga: Menhub Minta Stakeholder Pelabuhan Kuala Tanjung Tingkatkan Kinerja Sambut Jalan Tol

Pada 2023 lalu, Pelindo Regional 4 Makassar yang mengelola Pelabuhan Makassar berhasil membukukan arus kunjungan (call) kapal sebanyak 36.865.444 Gross Tonnage (GT).

Angka itu mengalami pertumbuhan sebesar 111,28% dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya. 

Sedangkan untuk arus barang non peti kemas, Iwan menyebutkan bahwa pihaknya mencatat realisasi tahun 2023 yaitu sebanyak 3.251.043 ton per meter kubik (m3).

Hasil ini tumbuh sebesar 116,77% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Andy Hermawan, Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar menambahkan, pertumbuhan arus jumlah penumpang tersebut diduga dipicu oleh momen mudik Lebaran Idulfitri 2023 lalu, dan ditambah lagi dengan momen libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru yang memang selalu terjadi di setiap tahun.

Baca Juga: Pelindo Multi Terminal (SPMT) Catat Muatan Barang Curah Kering Naik 5,9% di 2023

“Mudik Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu hampir seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang merayakan Idulfitri sehingga jumlah penumpang selalu meningkat atau mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan,” terang Andy.

Momen libur Natal dan Tahun Baru juga sering digunakan oleh para perantau dari wilayah timur Indonesia untuk kembali ke kampung halaman masing-masing guna merayakan hari raya besar mereka bersama keluarga tercinta.

Dari segi pelayanan, Pelindo Regional 4 Makassar selalu berusaha memberikan pelayanan serta fasilitas sarana dan prasarana yang optimal dan maksimal. Misalnya untuk terminal penumpang, daya tampung yang dimiliki cukup besar yakni hingga kurang lebih 4.000 orang.

Baca Juga: Pelindo Mulai Membangun Kawasan Industri Terintegrasi Pelabuhan di Kuala Tanjung

Standar pelayanan yang ada di Pelabuhan Makassar juga layaknya bandar udara, di mana Pelindo Regional 4 Makassar juga menyiapkan garbarata, yakni jembatan yang menghubungkan ruang tunggu penumpang dengan pintu kapal.

“Barang milik para penumpang kapal juga akan melalui pemeriksaan atau pengecekan dengan menggunakan x-ray sebelum masuk ke ruang tunggu,” ujar Andy.

Guna membuat para calon penumpang kapal merasa lebih aman dan nyaman, kini Pelindo Regional 4 Makassar juga telah menyediakan Ruang Tunggu Sementara (RTS) untuk para penumpang yang transit. 

“Selain itu, kami juga tentunya sudah menyiapkan berbagai fasilitas standar lainnya, seperti wifi, toilet yang bersih, ruang menyusui, dan musala,” pungkas Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru