CLOSE [X]

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN Bakal Beroperasi di Agustus 2023

Minggu, 16 Juli 2023 | 16:58 WIB   Reporter: Siti Masitoh
Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN Bakal Beroperasi di Agustus 2023

ILUSTRASI. pengerjaan proyek Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (14/7) lalu. Dalam kunjungannya salah satunya melihat pembangunan Bendungan Sepaku Semoi.

Dia mengatakan, proses pembangunan bendungan tersebut sudah hampir selesai atau sekitar 93%. Dia berharap pada Agustus mendatang bendungan tersebut bisa segera dioprasionalkan, atau mulai di airi.

“Bulan Agustus moga-moga bisa segera dioperasionalkan, artinya mulai diairi. Airnya mulai dibendung dan kemudian nanti akan terlihat bahwa bendungan ini akan dipakai sebagai sumber debit air, menjadi suplai air bagi Ibu Kota Nusantara dan daerah sekitar,” ujar Suahasil dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/7).

Semula Bendungan Sepaku Semoi dibangun untuk mendukung area Balikpapan saja. Namun, ke depannya, bendungan tersebut juga akan mendukung IKN dan daerah sekitarnya sehingga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk pengairan dan irigasi, sekaligus menjadi sumber debit air.

Baca Juga: Bendungan Cipanas Akan Diresmikan September, Dukung Pengembangan Kawasan Rebana

“Kita sinergikan banyak sekali pembangunan yang memang sudah on going ketika kita membangun IKN,” kata Wamenkeu.

Bendungan ini kata Dia, akan menjadi salah satu tulang punggung yang menghubungkan antara Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara.

Adapun, pembangunan IKN bertujuan untuk memberikan kesempatan serta peluang yang lebih merata dengan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan di luar Pulau Jawa. Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, pemindahan IKN merupakan upaya bersama untuk mewujudkan pembangunan yang tidak hanya berorientasi pada Jakarta seperti yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Rencana tersebut mendukung pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi.

“Kita punya visi yang besar untuk memeratakan pembangunan. Kita membangun di luar Jawa. Jawa sendiri adalah Jakarta, ibu kota kita sekarang. Lalu kemudian Bapak Presiden memberikan arahan, kita berdayakan luar Jawa. Kita bangun Ibu Kota Nusantara ini,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru