Pembangunan Sekolah Islam Al Azhar di IKN Ditargetkan Rampung pada Kuartal I 2026

Selasa, 04 Juni 2024 | 20:54 WIB   Reporter: Leni Wandira
Pembangunan Sekolah Islam Al Azhar di IKN Ditargetkan Rampung pada Kuartal I 2026

ILUSTRASI. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama PT Summarecon Agung Tbk. (Summarecon) memulai pembangunan Sekolah Islam Al Azhar


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama PT Summarecon Agung Tbk. (Summarecon) memulai pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara di IKN pada Selasa, (4/6). Tahap pertama pembangunan ini ditargetkan selesai pada kuartal pertama tahun 2026.

Proses peletakan batu pertama atau groundbreaking diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Jokowi menekankan pentingnya sektor pendidikan, terutama di Nusantara yang diharapkan menjadi kota cerdas dan hijau. 

“Fasilitas pendidikan sangat diperlukan di berbagai jenjang, karena nantinya ketika fasilitas-fasilitas sudah ada di Nusantara maka akan menarik bentuk investasi-investasi lain di IKN,” ucap Joko Widodo dalam pernyataan resminya.

Dengan total investasi mencapai Rp200 miliar, Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menyediakan jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di lahan seluas 2,9 hektar. 

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di IKN

Sekolah ini akan menjadi bangunan modern yang berwawasan lingkungan, dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium, dan gedung serbaguna. Bangunannya mengadopsi konsep rumah panggung dengan interior yang berkelanjutan. 

Selain itu, Masjid Al Azhar Summarecon Nusantara juga akan dibangun sebagai bagian integral dari pendidikan Islam di sekolah ini, yang nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN. 

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menekankan pentingnya fasilitas pendidikan di IKN. 

Menurutnya, kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menambah ketersediaan pendidikan berkualitas yang segera hadir di IKN. 

Baca Juga: Presiden RI Joko Widodo Resmikan Pembangunan Astra Biz Center-IKN

"Bersama dengan fasilitas pendidikan lainnya, diharapkan akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga perkembangan dan mutu pendidikan di IKN dapat tumbuh dengan pesat," kata Basuki. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi, menyampaikan bahwa pembangunan ini ditargetkan bisa dimulai pada tahun ajaran 2026/2027.

“Pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang menjadi sekolah ke-5 ini akan segera dimulai dan diharapkan tahap pertama selesai di kuartal pertama tahun 2026, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dimulai pada tahun ajaran 2026/2027, sedangkan tahap kedua diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2027," pungkas Adhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru