CLOSE [X]

Pemerintah Pastikan Persiapan Akhir MotoGP Mandalika Segera Tuntas

Minggu, 06 Maret 2022 | 18:03 WIB   Reporter: Filemon Agung
Pemerintah Pastikan Persiapan Akhir MotoGP Mandalika Segera Tuntas

ILUSTRASI. Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memastikan sejumlah pengerjaan tengah dilakukan demi menyiapkan gelaran Moto GP 2022 seri Sirkuit Pertamina Mandalika.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, investasi yang telah dikucurkan untuk Moto GP Mandalika mencapai Rp 3,8 Triliun meliputi investasi untuk sirkuit, fasilitas pendukung hingga investasi pendukung lain di luar sirkuit.

"Moto GP ini adalah satu sinergitas BUMN yang sangat luas, kita telah investasikan total Rp 3,8 Triliun dalam berbagai bentuk," ujar Kartika dalam Konferensi Pers, Minggu (6/3).

Kartika melanjutkan, saat ini sejumlah persiapan akhir masih dilakukan sebelum gelaran Moto GP Mandalika pada 18 Maret 2022 - 20 Maret 2022. Sejumlah persiapan yang tengah dilakukan yakni pengaspalan ulang sirkuit, pembangunan grand stand hingga sejumlah perbaikan pada infrastruktur pendukung.

Baca Juga: Gelaran MotoGP, DAMRI Siap Menghadirkan 15 Angkutan Rute Mandalika

Kartika mengungkapkan, pengaspalan ulang telah dilakukan selama dua hari terakhir dan mencapai 40%. Pengerjaan ini diharapkan rampung pada 8 Maret 2022. Sementara itu, Komandan Lapangan Moto GP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengungkapkan, sejumlah infrastruktur pendukung kini tengah dirampungkan. 

Persiapan juga dilakukan untuk akses menuju sirkuit dari sejumlah pintu masuk yang ada seperti Bandara Internasional Lombok hingga sejumlah pelabuhan. "Saat ini semua berjalan baik, rata-rata 80% baik median jalan, kiri dan kanan jalan serta pembenahan bukit-bukit," terang Hadi.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi semua pihak lintas kementerian dan lembaga yang terlibat dalam persiapan gelaran Moto GP Mandalika. "Mudah-mudahan ini juga menjadi hal yang bagus dalam membangun persepsi Indonesia kepada dunia bahwa kita terus menggalakkan event-event dunia yang ada di Indonesia," ujar Erick.

Baca Juga: Pameran UMKM di MotoGP Mandalika Siap Kibarkan 1.250 UMKM

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengungkapkan sejumlah persiapan dilakukan termasuk dengan menambah jadwal penerbangan langsung dari Denpasar dan Surabaya ke Lombok pada hari Minggu (20/3). Hal ini demi memfasilitasi para penonton yang enggan menginap dalam menyaksikan gelaran Moto GP.

"Ini satu kabar gembira yang tentu kita harapkan ke depan dengan penyelenggaraan tahun ini, untuk  tahun berikutnya antusiasme dapat meningkat lagi," kata Dony.

Menteri Erick mengungkapkan saat ini pihaknya terus berupaya mendorong penjualan tiket untuk hari pertama dan kedua yang masih tersisa. Untuk tiket pada hari balapan ditanggal 20 Maret 2022 pun dipastikan telah habis terjual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru