Pemkot Bekasi gandeng perusahaan Jepang bangun pengolahan limbah rumah tangga

Selasa, 11 Desember 2018 | 22:39 WIB   Reporter: kompas.com
Pemkot Bekasi gandeng perusahaan Jepang bangun pengolahan limbah rumah tangga

ILUSTRASI. Truk pengangkut sampah DKI Jakarta di area TPST Bantar Gebang Bekasi


BEKASI - BEKASI. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggandeng perusahaan Jepang, Japan International Corperation Agency (JICA) membangun pengolahan air limbah rumah tangga. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pengolahan terlebih dahulu akan diterapkan di Perumahan Galaxy, Bekasi Selatan, Jawa Barat. 

"Bekasi ini sudah menjadi kota metropolitan, limbah itu menjadi bagian yang luar biasa yang harus kami tanggulangi. Sekarang kami buat pilot project (proyek percontohan) di Galaxy," kata Rahmat di Kantor Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/12). 

Pengolahan akan menggunakan teknologi biocord. Metode biocord adalah instrumen teknologi pemurnian air untuk menjaga kualitas air dan lingkungan dari pencemaran limbah rumah tangga maupun industri.

Rahmat menjelaskan, air limbah dari rumah tangga akan diolah dan hasilnya akan ditampung di polder Galaxy. Air hasil olahan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga kota Bekasi, kecuali dikonsumsi. 

"Pengolahan ini supaya air tidak kelihatan hitam lagi. Air tidak bisa diminum, tetapi untuk membilas, mencuci, atau apalah itu normal," ujar Rahmat.  Pepen menargetkan pengolahan limbah rumah tangga di Perumahan Galaxy dapat terealisasi pada Februari atau Maret 2019. 

Jika berhasil, proyek pengolahan ini akan dikembangkan ke kawasan perumahan lainnya di Kota Bekasi. "Nanti kami mau buat juga sendiri di Pengasinan, Perumahan Dosen IKIP, Perumnas 3, ada empat pokoknya," kata dia. (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Bekasi Gandeng Perusahaan Jepang Bangun Pengolahan Limbah Rumah Tangga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru