Kebijakan

Pemprov DKI bakal permanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman hingga Bundaran HI

Rabu, 09 September 2020 | 11:05 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI bakal permanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman hingga Bundaran HI

ILUSTRASI. Jalur sepeda di Jalan Sudirman


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan membuat permanen jalur sepeda di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia pada tahun 2020 sebagai persiapan pengendalian transportasi apabila pandemi Covid-19 berakhir. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam webinar yang disiarkan melalui Youtube Badan Pengembangan SDM DKI Jakarta, Rabu (9/9). 

Menurut Syafrin, jalur sepeda permanen diharapkan bisa meningkatkan mobilitas warga menggunakan sepeda. "Kami rencanakan mulai tahun ini untuk jalur sepeda sementara mulai dari (Jalan) Sudirman sampai Bundaran HI akan kita permanenkan. Sekarang masih tahap persiapan untuk pelaksanaannya, jadi yang sekarang masih kita pakai cone," kata dia. 

Jalur permanen bagi pesepeda itu juga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pesepeda. Pasalnya, jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman bersinggungan dengan kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor. 

Baca Juga: Anies usul JIUT sebagai lintasan sepeda, ATI sampaikan penolakan

"Ke depan kami harapkan sudah langsung ada fasilitas pendukung dari aspek keselamatan. Ini menjadi pembatas fisik sehingga aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pesepeda di jalur ini terjamin," ujar Syafrin. 

Adapun hinga Selasa kemarin, masih tercatat peningkatan kasus harian positif Covid-19 di Ibu Kota. Jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta bertambah 1.015 orang per Selasa, dengan demikian jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta adalah 48.811 orang. 

Sebanyak 36.451 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7 persen. Kemudian, 1.330 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 2,7 persen. Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota adalah 11.030 orang, artinya mereka masih menjalani perawatan atau isolasi. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Akan Permanenkan Jalur Sepeda di Jalan Sudirman hingga Bundaran HI".

 

Selanjutnya: PUPR masih evaluasi permintaan Anies bersepeda di jalan tol

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru