Pengguna Commuter Line yang Transit di Manggarai Tidak Perlu Menyeberangi Rel

Sabtu, 28 Mei 2022 | 19:58 WIB Sumber: Kompas.com
Pengguna Commuter Line yang Transit di Manggarai Tidak Perlu Menyeberangi Rel

ILUSTRASI. KRL Commuter Line tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (25/5/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vice President VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, saat ini dipersiapkan skema vertikal untuk mobilisasi pengguna di Stasiun Manggarai, Jakarta.

"Saat ini pengguna jasa commuter line yang akan transit di Stasiun Manggarai, cukup naik atau turun dengan vertikal. Pengguna tidak lagi harus menyeberangi rel," kata Anne dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (28/5).

Anne menyebut, skema tersebut akan meningkatkan keamanan para pengguna yang hendak transit di Stasiun Manggarai. "Jadi ini akan sangat mendukung keselamatan 120.000-200.000 pengguna jasa commuter line ketika melakukan transit," ucap Anne.

Baca Juga: Punya Aset Non Railway 270 Juta Meter Persegi, Ini Upaya KAI mengamankannya

Menurut dia, skema ini diberlakukan lantaran Stasiun Manggarai kini menjadi stasiun transit yang dilalui berbagai rute kereta. "Saat ini di Manggarai ada tiga lantai, lantai, pertama itu adalah peron 6 dan 7, semua akan melayani kereta yang datang dari Bekasi menuju Sudirman, Tanah Abang, Kampung Bandan, dan Angke," kata Anne.

"Lantai 2 adalah untuk tempat mobilisasi dari pengguna jasa commuter line untuk transit naik atau turun. Sementara lantai 3 adalah, jalur 10 sampai 12 yang akan melayani jalur Bogor sampai Jakarta kota PP," ucap Anne.

Dia menambahkan, setelah pemberlakuan SO kelima di Stasiun Manggarai, jam operasional KRL tetap beroperasi mulai pukul 04.00 WIB sampai 00.00 WIB. "Dengan total perjalanan 1.054, tidak berkurang," kata dia.

Baca Juga: Stasiun Gambir Bakal Dialihfungsikan untuk Naik Turun Penumpang KRL, Ini Alasannya

Adapun rute perjalanan KRL berubah dan mulai berlaku pada hari ini. Perubahan rute terjadi pada lintas Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi. KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai.

Dengan demikian, rute KRL menuju Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Kampung Bandan dihapus. Selanjutnya, rute perjalanan KRL Bekasi/Cikarang juga berubah.

KRL dari Bekasi atau Cikarang tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota ditiadakan, sehingga penumpang harus transit di Stasiun Manggarai. Rute KRL dari Bekasi atau Cikarang diubah menjadi tujuan Stasiun Tanah Abang, Pasar Senen, dan Jatinegara. Sementara itu, lintas Rangkasbitung, lintas Tangerang dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan rute.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pengguna Commuter Line yang Transit di Manggarai Tidak Perlu Menyeberangi Rel.
Penulis: Mita Amalia Hapsari
Editor: Icha Rastika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru