Pengusaha Harap Fokus Utama PJ Gubernur DKI Jakarta Adalah Pemulihan Ekonomi

Minggu, 09 Oktober 2022 | 22:00 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Pengusaha Harap Fokus Utama PJ Gubernur DKI Jakarta Adalah Pemulihan Ekonomi


DKI JAKARTA - JAKARTA. Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta berharap penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dapat memprioritaskan pemulihan ekonomi Jakarta. 

Menurut Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi Jakarta sangat penting mengingat Jakarta merupakan pusat ekonomi dan keuangan nasional yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. 

"Dilihat dari Produk Domestic Regional Bruto (PDRB) Jakarta menyumbang 17 persen dari PDB Nasional yang menjadikan Jakarta sebagai penyumbang terbesar PDB Indonesia,jauh di atas provinsi lain," jelas Sarman dalam keterangannya, Minggu (9/10). 

Di sektor keuangan, Jakarta memegang peranan penting karena outstanding kredit di Jakarta mencapai 29% dari kredit nasional dan simpanan masyarakat mencapai 49% dari total simpanan nasional. Selain itu transaksi non tunai mencapai 40% dari total transaksi sebesar Rp 7.361 triliun.

Baca Juga: BMKG Mencatat Gempa Magnitudo 5,5 di Banten

"Ekonomi Jakarta juga didominasi sektor keuangan, persewaan, usaha jasa, perdagangan, hotel, restoran, industri pengolahan dan pariwisata. Besarnya kekuatan ekonomi Jakarta menjadikannya sebagai magnet bagi investor untuk menanamkan modalnya diberbagai sektor," terang Sarman. 

Mengingat ekonomi Jakarta yang sangat strategis maka Pelaku usaha berharap agar Pj. Gubernur dapat menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif dengan kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha.

Sehingga, target pertumbuhan ekonomi Jakarta 2022 di kisaran  5,3-6,1% secara tahunan dapat tercapai dan diharapkan dapat mampu menekan laju angka pengangguran yang saat ini di angka 8% dan kemiskinan di angka 4,69%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru