Pengusaha: Kerugian Ekonomi Akibat Banjir Jakarta Bisa Sampai Triliunan

Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:46 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Pengusaha: Kerugian Ekonomi Akibat Banjir Jakarta Bisa Sampai Triliunan

ILUSTRASI. Pelaku usaha mengatakan banjir Jakarta akan berdampak ke hampir semua sektor yang ada di Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Pelaku usaha mengatakan banjir Jakarta akan berdampak ke hampir semua sektor yang ada di Jakarta. Bahkan kerugian ekonomi negara bisa mencapai triliunan jika banjir berangsur lama. 

Menurut Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sarman Simanjorang mengatakan bahwa Jakarta memberikan kontribusi kurang lebih 70 persen perputaran uang nasional. Maka jika Jakarta stagnan aktivitas bisnisnya karena banjir, kerugian transaksi ekonomi cukup besar. 

"Bisa triliunan jika dampak banjir berhari-hari," kata Sarman pada Kontan.co.id, Rabu (12/10).

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Besok Hujan Lebat, Waspada Bencana di Provinsi Ini

Sarman mencontohkan aktivitas Pasar tanah Abang yang dalam kondisi normal transaksi ekonomi sehari - hari bisa mencapai Rp. 150 - 200 milyar. 

"Jadi, kalau banjir berhari hari berapa kerugian yang dialami pedagang, besar banget," jelas Sarman. 

Lebih lanjut, Sarman mendukung pesan Presiden Jokowi kepada Penjabat (PJ) Gubernur DKI baru untuk menuntaskan persoalan banjir. Karena menurutnya, sebagai kota jasa persoalan banjir di Jakarta bisa menghambat begitu banyak aktivitas masyarakat. 

Baca Juga: Ada Ancaman Resesi Global, Ekonomi Indonesia Punya Ketahanan Cukup Kuat

Sementara, aktivitas masyarakatlah yang menghidupkan ekonomi di Jakarta, bahkan sebagai penyumbang perputaran uang nasional terbesar. 

"Jadi ini memang menjadi pekerjaan rumah bagi Pj Gubernur dan bekerja sama dengan masyarakat untuk menuntaskan banjir," terang Sarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru