Penuhi panggilan Polisi, Wagub DKI: Saya akan berikan keterangan apa adanya

Senin, 23 November 2020 | 12:23 WIB Sumber: Kompas.com
Penuhi panggilan Polisi, Wagub DKI: Saya akan berikan keterangan apa adanya

ILUSTRASI. Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020).


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memenuhi panggilan polisi untuk memberikan keterangan terkait acara pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Dari pengamatan Kompas.com, Riza tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.07 WIB, Kamis (23/11/2020). 

Sebelum masuk, Riza sempat memberikan pernyataan terkait pemanggilannya. Dirinya dipanggil untuk memberikan klarifikasi terkait kasus kerumunan yang berujung pelanggaran protokol kesehatan di acara Rizieq.

"Saya hadir memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait klarifikasi masalah di Petamburan. Saya akan memberikan keterangan fakta dan data apa adanya," ujar Riza. 

Riza mengatakan, penjelasan yang akan diberikan kepada Polisi terkait apa dia ketahui soal pelanggaran protokol kesehatan berdasarkan peraturan yang ada. "Mudah-mudahan keterangan saya bisa memberi manfaat, memberikan kejelasan sehingga terang benderang ke semua pihak secara adil proposional," ucapnya. 

Dalam pemeriksaan ini, Riza juga membawa berkas peraturan gubernur dan lainnya. "Undangan ini untuk (acara) yang di Petamburan. Apa pun yang nanti ditanya, apa pun yang di mana, kapan pun kami akan berikan keterangan. Prinsipnya saya sebagai warga negara harus memenuhi tugas dan kewajiban saya diantaranya memenuhi klarifikasi atau yang lainnya," paparnya. 

Baca Juga: Wagub DKI akan penuhi panggilan Polisi terkait acara Rizieq Shihab, Senin (23/11)

Sebelumnya, Riza tidak hadir saat dipanggil untuk klarifikasi terkait acara Rizieq pada Kamis (19/11/2020). Polisi menyebut ketidakhadiran Riza atas pemanggilan itu karena masih ada kegiatan di luar Jakarta. 

Sebelum Riza, Polisi juga sudah memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk dimintai klarifikasi. Pemanggilan juga dilakukan terhadap Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu, Kepala KUA Tanah Abang, Bhabinkamtibmas, serta perangkat RT dan RW terkait. 

Polda Metro pun melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap panitia Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq pada Rabu, pekan lalu. Kini setiadaknya sudah lebih dari 15 orang yang telah dimintai klarifikasi terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penuhi Panggilan Polisi soal Kerumunan di Petamburan, Wagub: Saya Akan Berikan Keterangan Apa Adanya"

Selanjutnya: Kapolres Jakpus mengatakan Rizieq Shihab akan melakukan tes swab mandiri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru