IKN Nusantara

Permintaan Prabowo Soal IKN: Dilanjutkan dan Diselesaikan dalam 4 Tahun

Senin, 28 Oktober 2024 | 09:05 WIB Sumber: Kompas.com
Permintaan Prabowo Soal IKN: Dilanjutkan dan Diselesaikan dalam 4 Tahun

ILUSTRASI. Presiden Prabowo Subianto memastikan akan mendukung penuh penyelesaian pembangunan IKN di Kalimantan Timur. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Presiden Prabowo Subianto memastikan akan mendukung penuh penyelesaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

IKN sendiri merupakan proyek warisan pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Menurut Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dukungan Prabowo terhadap keberlangsungan proyek IKN ini disampaikan saat acara retreat atau pembekalan Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah. 

"Dalam pengarahannya, beliau menegaskan bahwa soal IKN sebenarnya sudah sangat jelas" tulis Raja Juli dalam unggahannya di Instagram, @rajaantoni, dikutip pada Minggu (27/10/2024). 

Pernyataan Prabowo ini, sambung Juli, menjadi jawaban atas kabar simpang siur terkait kelanjutan pembangunan IKN di masa pemerintahan sekarang. 

"Sudah menjadi keputusan akan dilanjutkan dan diselesaikan. Tidak perlu ada pertanyaan lagi soal itu sebenarnya," beber politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu. 

Baca Juga: Menilik Proyeksi Investor Soal Iklim Investasi di Era Kepemimpinan Prabowo

Raja Juli lalu menyinggung soal arahan Prabowo agar gedung-gedung instansi pemerintah di IKN bisa rampung secepatnya. Bahkan kalau bisa diselesaikan dalam waktu empat tahun. 

"Oleh karen itu, selain gedung-gedung eksekutif yang sekarang hampir selesai, dalam 4 tahun ke depan OIKN harus merampungkan 2 cabang trias politika lainnya yaitu gedung-gedung legislatif dan yudikatif," kata dia. 

Komitmen Prabowo Sebelumnya, mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, mengaku sudah berbincang dengan Prabowo sebelum dilantik menjadi presiden pada 18 Oktober lalu. 

"Setelah berbincang dengan Presiden terpilih hari ini, beliau menyampaikan target-targetnya untuk pembangunan Nusantara. Yaitu akan fokus melakukan percepatan, sehingga menjadi angin segar untuk business opportunity (kesempatan bisnis)," ujar Basuki dalam siaran pers Otorita IKN. 

Baca Juga: Prabowo Harap Sidang Paripurna DPR/MPR 2028 Digelar di IKN

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru