Pernyataan Kapolda Papua setelah dua polisi di Maluku jual senjata ke KKB

Senin, 22 Februari 2021 | 17:33 WIB Sumber: Kompas.com
Pernyataan Kapolda Papua setelah dua polisi di Maluku jual senjata ke KKB

ILUSTRASI. Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) menyatakan lambat atau cepat yang terlibat pasti ditangkap usai 2 polisi di Maluku jual senjata ke KKB.


PAPUA -  JAYAPURA. Polda Maluku menahan dua anggota polisi yang diduga terlibat dalam jaringan penjualan senjata api ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua pada Minggu (21/2/2021). 

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, siapa pun yang terlibat dalam jaringan jual beli senjata dengan KKB akan ditindak.

Menurut dia, aparat keamanan tidak akan tebang pilih dalam mengungkap kasus tersebut.  "Saya mau kasih tahu ke semuanya bahwa dalam era teknologi seperti ini, kita sudah melakukan upaya-upaya sedemikian rupa. Jadi lambat atau cepat, oknum-oknum yang terlibat penjualan senjata pasti dapat lipat (tangkap)," ujar Paulus di Jayapura, Senin (22/2/2021). 

Tertangkapnya dua oknum polisi di Maluku, sambung Paulus, merupakan kerja bersama Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk untuk mengungkap jaringan tersebut.

Baca Juga: Kontak senjata dengan anggota Paskhas TNI AU, satu anggota KKB tewas

Pengungkapan kasus jual beli itu akan terus dilakukan karena situasi keamanan di Papua tak akan kondusif selama KKB mendapat pasokan senjata dan amunisi. "Itu terus (dikejar), hasil itu juga dari pengungkapan satgas kita," kata Paulus. 

Paulus menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengungkap kasus penjualan senjata dari beberapa kelompok lain.   Pihaknya telah mengikuti aktivitas kelompok tersebut.   

"Rencana nanti ada pengungkapan kelompok Nabire, ada juga kelompok yang akan ke Sorong, lalu juga ke Ambon membawa senjata, itu sudah kita ikuti dan kami tidak akan ungkap di sini," kata dia. 

Paulus memandang, oknum yang terlibat jaringan penjualan senjata kepada KKB, tidak pernah memikirkan dampak dari tindakannya. "Oknum-oknum seperti ini untuk kepentingan sesaat mereka, mereka rela membuat kacau balau seperti ini, kami akan ungkap," kata Paulus. 

Baca Juga: Satu lagi anggota TNI gugur saat baku tembak dengan KKB di Intan Jaya

Sebelumnya, dua anggota Polri dari Polresta Ambon ditangkap setelah menjual senjata api beserta amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat, mengatakan penangkapan dua anggota polisi di Ambon berawal ketika polisi menangkap pembelinya di Papua. (Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Polisi di Maluku Jual Senjata ke KKB, Kapolda Papua: Lambat atau Cepat yang Terlibat Pasti Ditangkap"

Selanjutnya: Kontak senjata terjadi di Intan Jaya Papua, seorang anggota KKB tewas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru