Politik

Pertemuan Jokowi-Achmad Purnomo tak bahas pencalonan Wali Kota Solo

Senin, 20 Juli 2020 | 09:48 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pertemuan Jokowi-Achmad Purnomo tak bahas pencalonan Wali Kota Solo

ILUSTRASI. Bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada Wartawan saat berada di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020). Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendapat rekome

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan telah memutuskan memilih putra tertua Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming sebagai calon wali kota Solo  berpasangan dengan Teguh Prakosa, kader PDIP yang juga Ketua DPRD Solo periode 2014-2019.

Penunjukan itu juga mengakhiri peluang Achmad Purnomo, wakil wali kota Solo saat ini, yang sebelumnya juga mencalonkan sebagai kandidat calon wali kota Solo.

Penunjukan Gibran itu sempat menjadi rumor politik setelah muncul kabar adanya pertemuan antara Jokowi dan Achmad. Sebagian media menulis ada  janji politik dari Jokowi kepada Achmad.

Ketika dikonfirmasi, Purnomo mengakui memang ada pertemuan pada 17 Juli atau Jumat lalu di Istana Kepresidenan. Namun dalam pertemuan itu sama sekali tidak menyinggung soal gagalnya Purnomo dalam pencalonan.

Baca Juga: Jokowi dinilai sedang membangun dinasti politik

Dalam pertemuan itu, lanjut Purnomo, keduanya membahas soal pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang terhambat karena kekurangan dana.

Untuk diketahui, selain sebagai Wakil Wali Kota , Purnomo memang tercatat sebagai Ketua Pembangunan Masjid Taman Sriwedari. Nah, dalam pertemuan, Purnomo meminta bantuan pemerintah agar pembangunan tempat ibadah tersebut bisa dilanjutkan.

Pemerintah pun komitmen membantu. Purnomo pun dengan tegas membantah bahwa dalam pertemuan itu Jokowi menawarkan jabatan tertentu kepada dirinya.

“Kami kan memang sudah bersahabat sejak lama. Hanya obrolan selingan sembari makan," kata Purnomo dalam keterangannya, Senin (20/7).

Editor: Yudho Winarto


Terbaru