Perusahaan di KEK Kendal ekspor produknya ke Malaysia

Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:59 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Perusahaan di KEK Kendal ekspor produknya ke Malaysia


EKSPOR - KENDAL. Salah satu perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, PT D&V International Makmur Gemilang, resmi meluncurkan produk ekspor pertama berupa produk tempat tidur rumah sakit dan furniture (Hospital Bed & Furniture) dengan merek Platinum Inspiration.

Seremonial pelepasan ekspor perdana tersebut digelar di pabrik mereka yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal dengan melepas tiga kontainer pertama yang diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan tujuan ekspor Malaysia. PT D&V International Makmur Gemilang sendiri merupakan bagian dari DV Medika Group yang telah lama berpengalaman di bidang industri alat kesehatan sejak tahun 1999.

CEO DV Medika, Steven Lee menyampaikan bahwa setelah berdiri lebih dari 20 tahun sebagai produsen alat kesehatan asal Indonesia, akhirnya mereka dapat mewujudkan mimpi untuk menggapai pasar global dengan merek Platinum Inspiration.

"Kami sungguh bersyukur dapat melakukan ekspor perdana kami di tengah suasana bulan kemerdekaan Indonesia. Kami bangga dapat ikut mengharumkan nama Indonesia melalui produk lokal yang berhasil bersaing di pasar internasional. Dengan merk Platinum Inspiration ini kami berharap dapat menjadi inspirasi industri alat kesehatan dan farmasi untuk tetap optimis dan bersama-sama memajukan produk alat kesehatan asal negeri sendiri," tuturnya, Selasa (31/8).

Menurut Ir. Sodikin Sadek, M.Kes (Direktur Penilaian Alkes dan PKRT Kemenkes RI), di saat pandemi seperti ini kebutuhan alat kesehatan cukup tinggi, namun sekitar 87% ketersediaan alat kesehatan di Indonesia masih didominasi oleh produk impor.

Baca Juga: KEK Kendal catat investasi masuk Rp 19,2 triliun hingga Maret 2021

"Tempat tidur rumah sakit masuk dalam 10 besar jenis alat kesehatan dengan konsumsi terbesar. Oleh karena itu pemerintah berharap industri alat kesehatan dan farmasi semakin maju, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional dengan produksi dalam negeri," ujarnya.

Dalam acara seremoni tersebut turut hadir Drg. Arianti Anaya, MKM (Plt. Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI), pihaknya menyampaikan selamat kepada PT D&V International Makmur Gemilang dan berharap agar seluruh pelaku industri alat kesehatan dan farmasi agar ke depannya Indonesia mampu mandiri dan mampu membangun sistem ketahanan kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama Founder & Chairman DV Medika, Vincentius Lianto juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dan mendukung kesuksesan bisnisnya seperti Kementerian Kesehatan, pihak rumah sakit, dan salah satunya kepada developer kawasan industri di mana pabriknya melakukan ekspor perdana.

Acara seremoni dan pelepasan ekspor perdana yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal, Jl. Wanamarta 38 tersebut dapat berjalan dengan lancar meskipun dengan prosedur kesehatan yang cukup ketat.

Stanley Ang, Presiden Direktur dari Kawasan Ekonomi Khusus Kendal (PT Kawasan Industri Kendal) menyampaikan harapannya untuk PT D&V International Makmur Gemilang. Ia mengatakan walau PT D&V International Makmur Gemilang bru beroperasi, tetapi sudah mampu mengekspor produknya hari ini.

"Sangat membanggakan bahwa mereka berhasil melaksanakan ekspor perdananya hari ini. Kami berharap hal ini dapat menjadi motivasi dan role model bagi pelaku industri alat kesehatan dan farmasi lainnya. Kami juga berharap ke depannya akan lebih banyak industri alat kesehatan dan farmasi lainnya yang masuk ke dalam Kawasan Industri Kendal,"ujarnya.

Selanjutnya: Pengembang KIK Kendal memberikan jaminan banyak keuntungan bagi investor

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru