Jabodetabek

Pesepeda di Jakarta meningkat, lalu lintas kendaraan bermotor menurun sepekan PSBB

Senin, 18 Januari 2021 | 12:20 WIB Sumber: Kompas.com
Pesepeda di Jakarta meningkat, lalu lintas kendaraan bermotor menurun sepekan PSBB

ILUSTRASI. Pesepeda melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mencatat jumlah penurunan lalu lintas kendaraan bermotor dan peningkatan lalu lintas pesepeda selama sepekan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang beriringan dengan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Penurunan volume lalu lintas terlihat pada PSBB 11-16 Januari 2021, jika dibandingkan dengan PSBB Masa Transisi pekan kedua sebelumnya, yaitu 4-9 Januari 2021.

"Volume lalu lintas kendaraan bermotor mengalami penurunan sebesar 4,32 %," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Sedangkan untuk volume lalu lintas sepeda meningkat sebanyak 4,01 %. Penurunan juga terjadi pada jumlah penumpang harian angkutan umum perkotaan pada PSBB kali ini sebesar 3,52 %.

Tercatat rata-rata penumpang per hari mencapai 724.560, atau berkurang 16.990 penumpang dibandingkan saat PSBB transisi.

"Jumlah penumpang harian angkutan AKAP (antar kota antar provinsi) pada PPKM adalah 4.469 penumpang per hari, mengalami penurunan sebesar 25,86 % dibandingkan pemberlakuan PSBB Masa Transisi (pekan kedua) 6.028 penumpang per hari," kata Syafrin.

Baca Juga: Ini alasan Sri Mulyani prediksi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 melambat

Syafrin juga menjelaskan, selain mencatat penurunan volume lalu lintas, Dishub DKI Jakarta juga mencatat jumlah pelanggaran yang meningkat di masa PSBB.

Jumlah pelanggaran pembatasan kapasitas angkut sarana transportasi meningkat 43 pelanggaran. Pada saat PSBB Masa Transisi pekan kedua, ada 57 pelanggaran pembatasan kapasitas angkut. Sedangkan PSBB 11-16 Januari tercatat 100 pelanggaran.

Begitu juga dengan pengawasan ojek online dan ojek pangkalan yang berkerumun lebih dari 5 orang. Pada saat PSBB Masa Transisi pekan kedua tercatat nol pelanggaran. PSBB 11-16 Januari tercatat jumlah pelanggaran mencapai 49 pelanggar. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sepekan PSBB, Lalu Lintas Pesepeda di Jakarta Meningkat, Kendaraan Bermotor Menurun"

 

Editor: Yudho Winarto


Terbaru