PHE ONWJ terus lakukan penanganan ceceran minyak di laut Karawang

Jumat, 30 April 2021 | 00:05 WIB   Reporter: Filemon Agung
PHE ONWJ terus lakukan penanganan ceceran minyak di laut Karawang


PENCEMARAN LINGKUNGAN - JAKARTA. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) masih terus melakukan penanganan ceceran minyak di Laut Karawang dan Kepulauan Seribu.

Manager Communications Relations & CID Hari Setyono mengungkapkan upaya penanganan dilakukan dengan menggunakan sejumlah perlengkapan antara lain movable oil boom dan skimmer untuk pembersihan.

"Per tanggal 27 April 2021, progres penanganan terus dilakukan. Di perairan Karawang PHE ONWJ menggelar movable oil boom sepanjang 600 meter serta mengoperasikan 4 unit skimmer untuk melakukan pembersihan," ujar Hari dalam keterangan resmi, Kamis (29/4).

Hari menambahkan ceceran di Kepulauan Seribu secara paralel diperiksa laboratorium untuk memastikan karakteristik minyak. Upaya pembersihan sisa ceceran minyak juga terus dilakukan oleh tim PHE ONWJ bersama stakeholders

"Tiga belas unit kapal pendukung dan 146 kapal nelayan dikerahkan untuk melakukan pemantauan apabila ditemukan sisa ceceran minyak di area laut. Kapal nelayan ini merupakan buah dari kerja sama yang terjalin baik dengan nelayan di sekitar area operasi,” kata Hari.

Baca Juga: Pertamina Hulu Energy ONWJ maksimalkan pembersihan tumpahan minyak di Karawang

Hari juga menambahkan bahwa PHE ONWJ mengucapkan terima kasih dukungan atas semua pihak. Dan secara berkelanjutan PHE ONWJ melakukan koordinasi dengan instansi terkait. 

"Kami secara berkelanjutan berkoordinasi dengan stakeholders terkait seperti misalnya KSOP dan Dishub Pulau Untung Jawa, Lurah Pulau Untung Jawa, Polsek, TNI, Forkopimda Kepulauan Seribu, Kementerian PUPR dan pihak lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Dan hari ini kami akan kordinasi dengan HUBLA dan Bupati Kepulauan Seribu. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas dukungannya bagi kelancaran penanganan kejadian ini," sambung Hari.

Lebih lanjut, Hari menyampaikan pembersihan juga dilakukan di darat dan di perairan dangkal sekitar area Sungai Buntu, Cemara Jaya, Sedari, Dobolan, Pasir Putih, Pantai Bungin, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Rambut, dan Pulau Bokor. 

"Kami juga terus melakukan tes Surveillance atau pemantauan dengan kapal security dan pemantauan udara atau fly over di Pantai Edam, Pantai Anyer, dan FSRU Jawa Barat. Kami akan sigap dalam penanganan ceceran minyak ini dan terus menggandeng stakeholders terkait dalam pelaksanaannya," pungkas Hari.

Selanjutnya: Pipa bocor, PHE ONWJ lakukan pembersihan minyak di pesisir Pantai Karawang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru