Planet Ban Layani Uji Emisi Gratis di Gerai Sekitar DKI Jakarta

Kamis, 21 September 2023 | 07:15 WIB   Reporter: Shobihatunnisa Akmalia
Planet Ban Layani Uji Emisi Gratis di Gerai Sekitar DKI Jakarta


EMISI KARBON - JAKARTA. Planet Ban menyediakan jasa uji emisi khusus sepeda motor di wilayah sekitar DKI Jakarta secara gratis. Di antaranya adalah gerai Planet Ban Lenteng Agung, Planet Ban Gunung Sahari, Planet Ban Kebon Jeruk, dan Planet Ban Otista Bidara Cina. 

Uji emisi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi kendaraan dan efektivitas pembakaran bahan bakar dalam mesin kendaraan.

Aturan mengenai uji emisi kendaraan bermotor saat ini sudah mulai ditetapkan, terutama di wilayah DKI Jakarta. Hal ini selaras dengan aturan Pergub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020, yang mewajibkan uji emisi bagi kendaraan bermotor yang telah berusia 3 tahun atau lebih. Tidak hanya itu, sanksi tilang mengenai uji emisi kendaraan bermotor juga sudah diterapkan sejak 13 November 2021.

Baca Juga: Electrum Gandeng Planet Ban Perluas Lokasi Penukaran Baterai

Chief Operation Officer Planet Ban Deden Hendra Shakti mengatakan, uji emisi bukanlah hal baru. Planet Ban sudah menyediakan layanan uji emisi sejak tahun 2020. Planet Ban menerapkan uji emisi gratis dengan pembatasan kuota 20 motor per hari pada tiap toko.

“Kami sudah dari tahun 2020 mem-provide layanan ini, gratis juga. Akan tetapi, ketika hal ini diterapkan semua orang berbondong-bondong datang. Oleh karena itu, layanan uji emisi gratis di beberapa toko kami itu menggunakan kuota. Semuanya gratis akan tetapi kami batasi,” tutur Deden pada diskusi Planet Ban Ajak Pengendara Motor Turunkan Polusi, Rabu (20/9).

Empat toko Planet Ban yang menyediakan layanan uji emisi sudah terdaftar di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, sehingga dapat memberikan data-data hasil uji emisi konsumen untuk diterbitkan sertifikat oleh DLH.

Baca Juga: Planet Ban dan Gojek Perkuat Kerjasama Strategis

“Sekarang konsumen bukan hanya sebatas motornya lolos uji atau tidak, tetapi kemudian ada kebutuhan punya sertifikat sehingga tidak jadi masalah kemudian terjadi penindakan atau apapun,” ungkap Deden.

Planet Ban berencana menambah layanan uji emisi sebanyak tiga toko. Akan tetapi, tidak mudah untuk membeli alat uji emisi dan juga harus melalui proses yang panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru