kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Polda Metro Jaya akan menambah lokasi tilang elektronik lebih dari 100 titik


Jumat, 06 Desember 2019 / 15:58 WIB
Polda Metro Jaya akan menambah lokasi tilang elektronik lebih dari 100 titik
ILUSTRASI. Kamera tilang elektronik.

Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menambah titik lokasi Electronic Traffic Law Enforcment ( E-TLE) atau tilang elektronik di wilayah Jakarta. 

Saat ini E-TLE yang telah terpasang di Jakarta tersebar di 12 titik, dan akan ditambah menjadi lebih dari 100 titik.

Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) adalah terobosan pihak kepolisian, untuk transformasi penegakan hukum bidang lalu lintas menuju era elektronik. 

Selain mampu meningkatkan keamanan serta keselamatan lalu lintas, sistem ini diharapkan mampu mendeteksi kendaraan bermotor, terkait kriminalitas dan mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor. 

Baca Juga: Sepeda motor akan kena juga tilang elektronik di 2020

Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dikembangkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya November 2019 lalu. 

Sebanyak 57 titik E-TLE akan terpasang di Jakarta sampai akhir 2019. Sebanyak 12 kamera telah terpasang di kawasan Jalan Sudirman- MH Thamrin. Bulan ini, pemasangan kamera sebagai titik E-TLE akan ditambah sebanyak 45 buah. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, kamera sudah terpasang di 12 titik. Bulan ini akan tambah 45 kamera dan titik lagi. Tahun ini rencananya akan terpasang sebanyak 57 kamera dan titik. 

"Dalam prosesnya akan dibantu oleh banyak instansi terkait. Pak Gubernur (Anies Baswedan) banyak sekali membantu kegiatan kita ini, seperti yang sudah saya sampaikan, bagaimana awalnya dibangun, di inisiatifkan dan dibantu oleh beliau," ujar Gatot Kamis (5/12). 

Gatot melanjutkan, tahun depan Anies Baswedan, akan membantu penambahan sebanyak 48 kamera dan titik lokasi tilang elektronik. 

"Sistem tersebut ada pengembangan-pengembangannya, yaitu ada E-TLE portable, ada lagi yang namanya bodycam yang terpasang di seragam anggota, kemudian juga kita membuat E-Drives untuk proses uji praktik SIM," ujar Gatot. 

Baca Juga: Gandeng Kepolisian, Jasa Marga terapkan tilang elektronik di jalan tol

Tahun depan, diperkirakan sebanyak 105 kamera E-TLE terpasang di 105 titik di wilayah DKI Jakarta termasuk ruas tol. Masyarakat pengguna kendaraan di DKI Jakarta diharapkan agar lebih berhati-hati dalam berkendara serta mematuhi peraturan lalu lintas. (Fauzan Dary Setyawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Lebih Dari 100 Titik Tilang Elektronik Akan Terpasang di Jakarta"




TERBARU

Close [X]
×