Polisi selidiki penyebab kebakaran lahan di Indragiri Hulu Riau

Kamis, 21 Maret 2019 | 07:39 WIB Sumber: Kompas.com
Polisi selidiki penyebab kebakaran lahan di Indragiri Hulu Riau


KEBAKARAN LAHAN - PEKAN BARU. Aparat kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. 

"Terkait dengan kejadian kebakaran ini, kami akan melakukan langkah-langkah lebih lanjut, dalam artian untuk melakukan penyelidikan, apakah lahan ini sengaja dibakar atau tidak," ungkap Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting saat diwawancarai Kompas.com, Rabu (20/3). 

Sebagai langkah awal, kata dia, lokasi lahan terbakar sudah dilakukan penyegelan dengan dipasang spanduk pertanda dilakukan penyelidikan oleh kepolisian. "Lahan terbakar yang kami selidiki seluas lebih kurang 30 hektar atau satu blok lahan kosong yang belum terkelola," sebut Dasmin. 

Lahan yang terbakar ini belum diketahui siapa pemiliknya. Apakah itu milik perusahaan atau masyarakat setempat. "Belum kami pastikan siapa pemiliknya. Kami enggak mau berandai-andai. Proses (penyelidikan) inilah yang akan menjawab. Sejauh ini lima orang sudah kami mintai keterangan," ujar Dasmin. 

Namun dia menegaskan, selama lahan disegel, tidak ada masyarakat atau siapapun yang mengelola lahan tersebut. "Kami harapkan tidak ada yang mengelola lahan, sampai dinyatakan proses penyelidikan dan penyidikan dinyatakan selesai oleh polisi," terang Dasmin. 

Dia juga mengaku akan menindak tegas pelaku karhutla tersebut. Dasmin menyebutkan, upaya pemadaman kebakaran lahan masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat. Saat ini ada tiga titik api yang dilakukan pemadaman. "Pemadaman sudah berlangsung lima hari," sebutnya. 

Kedalaman gambut menyulitkan proses pemadaman Menurut Dasmin, pemadaman cukup sulit dilakukan karena kedalaman gambut mencapai lima sampai enam meter. Sehingga upaya yang efektif dilakukan, yaitu penyekatan agar api tidak meluas. 

Diberitakan sebelumnya, kebakaran lahan sangat parah terjadi di Desa Sungai Guntung Hilir dan Desa Sungai Guntung Tengah. Kebakaran sudah hampir satu pekan. Sedangkan luas lahan yang terbakar mencapai 50 hektare. Lokasi lahan yang terbakar ini juga berdekatan dengan kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Karumutan, yang berjarak sekitar dua kilometer. (Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru