BMKG: Sebanyak 86 titik panas terdeteksi di 8 wilayah di Riau

Selasa, 19 Maret 2019 | 09:22 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG: Sebanyak 86 titik panas terdeteksi di 8 wilayah di Riau


KEBAKARAN LAHAN - PEKANBARU. Satelit Aqua dan Terra Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru di Riau, mendeteksi 86 hotspot atau titik panas di Riau, Selasa (19/3). 

Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, sebaran titik panas pagi ini terdapat di delapan wilayah, yaitu Rokan Hilir 23 titik, Bengkalis 22 titik, Dumai 22 titik, Kepulauan Meranti 7 titik, Indragiri Hulu 4 titik, dan Indragiri Hilir 3 titik. "Di Pelalawan 3 titik dan Kabupaten Siak 2 titik. Totalnya 86 titik," kata Bibin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa. 

Untuk confidence 70% atau titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yakni sebanyak 66 titik di tujuh wilayah, yaitu Bengkalis 17 titik, Indragiri Hulu 4 titik, Kepulauan Meranti 4 titik, Dumai 18 titik, Indragiri Hilir 2 titik, Rokan Hilir 19 titik, dan Kabupaten Pelalawan 2 titik. 

Akibatnya, wilayah Kota Dumai terpantau dilanda kabut asap. "Kota Dumai berasap, dengan jarak pandang 5 Kilometer. Kemudian Kabupaten Indragiri Hulu udara kabur dan jarak pandang 4 kilometer. Udara kabur juga terpantau di Kabupaten Pelalawan, dengan jarak pandang 5 kilometer. Sementara Kota Pekanbaru jarak pandang 7 kilometer," ujar Bibin. (Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "86 Titik Panas Terdeteksi di 8 Wilayah di Riau"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru