Presiden Jokowi dorong mekanisasi pertanian di Indonesia

Selasa, 23 November 2021 | 20:15 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Presiden Jokowi dorong mekanisasi pertanian di Indonesia

Presiden Joko Widodo menanam jagung dengan traktor di Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (23/11/2021).

KONTAN.CO.ID -  JENEPONTO. Presiden Joko Widodo melakukan penanaman jagung di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Jokowi mencoba penanaman jagung menggunakan planter.

Selain itu, Jokowi juga mencoba melakukan penanaman jagung menggunakan traktor.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu menyebut penanaman menggunakan traktor lebih mudah untuk lahan luas. Oleh karena itu, perlu didorong penggunaan alat berat dalam pertanian di Indonesia.

Baca Juga: Diduga berisi rudal balistik, koalisi Arab Saudi gempur 2 fasilitas militer di Yaman

"Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semi berat seperti ini bisa juga dilakukan," ujar Jokowi usai menanam jagung bersama petani, Selasa (23/11).

Jokowi bilang penggunaan traktor dalam pertanian tidal sulit dilakukan. Ia pun mendapatkan pelatihan sebentar sebelum menggunakan traktor untuk pertama kali. "Baru hari ini saya bisa pegang traktor dan sangat mudah sekali tafi saya diajari sebentar oleh pak Menteri Pertanian," terang Jokowi.

Sebelumnya Jokowi mendorong peningkatan produksi jagung di Indonesia. Saat ini produksi jagung masih di bawah kebutuhan sehingga masih bergantung pada impor.

 

 

Selanjutnya: Kredit korporasi perbankan makin menggeliat, ini sektor penopangnya

Editor: Noverius Laoli
Terbaru