kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Presiden Jokowi resmikan Jembatan Youtefa di Papua


Senin, 28 Oktober 2019 / 21:30 WIB
Presiden Jokowi resmikan Jembatan Youtefa di Papua
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kiri), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Gubernur Papua Lukas Enembe (kedua kanan) meresmikan Jembatan Holtekam

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jembatan Youtefa yang berlokasi di atas Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua hari ini (28/10). Jembatan Youtefa merupakan  jembatan tipe pelengkung baja terpanjang yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami.

Jembatan Youtefa ini dilaporkan merupakan landmark atau ikon baru Papua yang akan menjadi sarana pendukung dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Papua. Jokowi menilai, ini jadi hal yang baik karena menunjukkan jembatan ini memiliki banyak dampak yang menguntungkan masyarakat.

Baca Juga: Catat! Pendaftaran CPNS 2019 secara online dibuka mulai tanggal 11 November 2019

Jokowi pun berharap, masyarakat Jayapura bersama-sama dengan pemerintah daerah menjaga Jembatan Youtefa, mulai dari kebersihan, keamanan, dan membuatnya semakin menarik.

Dia berharap,  Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura benar-benar memanfaatkan keberadaan Jembatan Youtefa untuk mengembangkan potensi wisata bahari yang ada di Teluk Youtefa.

“Jadikan Jembatan Youtefa ini sebagai momentum untuk Papua bangkit maju, yang melahirkan kemajuan-kemajuan, melahirkan pemuda-pemuda Papua yang berprestasi dan memiliki daya saing di kancah global,” tutur Jokowi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kontan.co.id, Senin (28/10).

Baca Juga: Chappy Hakim: Ada banyak hal positif di Freeport

Pembangunan Jembatan Youtefa ini telah memakan waktu selama 4 tahun, dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,8 triliun. Di mana,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan dan pemasangan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter, konstruksi jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 600 meter, dan jalan akses Jembatan Youtefa sepanjang 9.950 meter. 

Sementara, Pemerintah Kota Jayapura menyelesaikan pembangunan jalan pendekat sisi Hamadi sepanjang 320 meter.

Dengan adanya Jembatan Youtefa, waktu tempuh Kota Jayapura menuju PLBN Skouw akan lebih cepat dari 1,5 hingga 2 jam menjadi 30-40 menit.

Baca Juga: Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jembatan Holtekamp di Jayapura

Jokowi juga mengatakan, jembatan ini menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapura sehingga kawasan Kota Jayapura dapat dikembangkan ke arah perbatasan di Skouw.



TERBARU
Terpopuler

[X]
×