CLOSE [X]

Program Beasiswa S1 dari Pertamina Sudah Dibuka, Cek Apa Saja Persyaratannya

Jumat, 18 Maret 2022 | 10:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Program Beasiswa S1 dari Pertamina Sudah Dibuka, Cek Apa Saja Persyaratannya

ILUSTRASI. Program Beasiswa S1 dari Pertamina Sudah Dibuka, Cek Apa Saja Persyaratannya.


KONTAN.CO.ID -  PT. Pertamina (Persero) kembali membuka pendaftaran program beasiswa untuk mahasiswa jenjang Sarjana atau S1 tahun 2022. 

Pertamina bersama dengan Pertamina Foundation membuka kembali pendaftaran program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler. 

Melansir dari situs Pertamina Foundation, mahasiswa yang mengikuti program beasiswa ini akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan, tunjangan hidup, stimulan bantuan aksi sobat bumi dan/atau bantuan pendukung lainnya.

Bagi mahasiswa yang sedang mencari beasiswa khusus untuk jenjang S1, berikut ini informasi tentang cakupan dan persyaratan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022.  

Baca Juga: Calon Mahasiswa, Cek Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN yang Dibuka 23 Maret 2022

Cakupan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022

  • Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa sebesar maksimal Rp5.000.000/semester.
  • Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan sebesar Rp 500.000/bulan. Mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya
  • Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok
  • Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.
  • Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

Persyaratan Beasiswa Sobat Bumi

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mahasiswa S1 aktif minimal sedang menempuh semester 2
  • IP atau IPK sampai semester 2 adalah lebih dari 3,0 skala 4,00
  • Aktif ikut organisasi/kegiatan sosial kemasyarakatan/lingkungan hidup
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  • Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
  • Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5
  • Berkuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Baca Juga: Gelombang 24 Prakerja Dibuka, Ini Ketentuan Upload Foto KTP dan Selfie

Pendaftaran program Beasiswa dari Pertamina dibuka hingga 17 April 2022. Mahasiswa bisa mendaftar secara online melalui situs resmi Pertamina Foundation. 

Informasi serta pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi 2022 dari Pertamina bisa Anda lihat di https://beasiswa.pertaminafoundation.org/public.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru