Proyek Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya Masih Dalam Kajian

Jumat, 24 Mei 2024 | 07:56 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Proyek Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya Masih Dalam Kajian

ILUSTRASI. Kereta Cepat Whoosh melintas di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/5/2024). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah jadwal reguler Kereta Cepat Whoosh dari sebelumnya 44 perjalanan per hari menjadi 48 perjalanan per hari pada bulan Mei 2024 dengan jadwal keberangkatan pertama dari Stasiun Halim dimulai Pukul 06.40 WIB dan Stasiun Tegalluar pukul 05.50 WIB. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


KERETA CEPAT - JAKARTA. Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya akan diperpanjang hingga Surabaya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana perpanjangan jalur kereta cepat itu masih dalam kajian. Saat ini PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sedang mengajukan usulan perpanjangan jalur tersebut.

Kemenhub akan mempelajari dengan seksama terkait dengan rutenya, feasibility study, dan anggarannya.

Menhub menilai, jika perpanjangan kereta cepat jadi dilakukan, maka akan diusulkan menjadi proyek strategis nasional (PSN).

"(Masih) dalam tahap kajian," ujar Budi Karya ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (22/5).

Baca Juga: KCIC Catatkan Lonjakan Penumpang Kereta Whoosh Sebesar 30%

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada 18 April 2024. Dalam pertemuan tersebut salah satu yang menjadi pembahasan adalah kerja sama bidang ekonomi.

Jokowi mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi. Selain itu presiden bicara mengenai masalah kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru