PSBB Transisi Jakarta: Kios bernomor genap buka di tanggal genap, yang ganjil juga...

Senin, 08 Juni 2020 | 13:40 WIB Sumber: Kompas.com
PSBB Transisi Jakarta: Kios bernomor genap buka di tanggal genap, yang ganjil juga...

ILUSTRASI. Suasana kios pusat belanja ITC Mangga Dua


DAMPAK VIRUS CORONA -JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap untuk toko-toko yang akan dibuka pada fase pertama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Toko dengan nomor ganjil buka di tanggal ganjil, toko dengan nomor genap dibuka di tanggal genap. Jadi beroperasi separuh di situ," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Selain ojol, ini daftar kendaraan yang kebal ganjil genap di DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta telah membuka kegiatan sosial dan ekonomi secara bertahap pada fase pertama masa transisi PSBB, yakni selama bulan Juni 2020 terhitung mulai Jumat (5/6).

Pembukaan secara bertahap ini diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya kewajiban penggunaan masker, menjaga jarak fisik, kapasitas aktivitas hanya dibolehkan untuk 50%, mencuci tangan, serta membatasi jam operasional. Pembukaan toko dan pusat perbelanjaan masuk dalam fase pertama yang dibuka di masa transisi tersebut, yakni pada tanggal 8-14 Juni 2020.

Anies menyebutkan, dia akan menyampaikan secara detail protokol kesehatan untuk pertokoan dan pusat perbelanjaan nantinya. Sebagai contoh, pasar dibuka dengan kapasitas 50%, artinya kios-kios toko di dalamnya dibuka berdasarkan harinya. "Jadi prinsip-prinsip seperti ini yang akan kita gunakan di semua sektor. Harapannya adalah tadi, yaitu sehat, aman, produktif," kata Anies.

Baca Juga: Aturan ganjil genap sepeda motor tuai pro dan kontra

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta secara resmi memperpanjang PSBB dan menetapkan masa transisi yang akan berlangsung selama bulan Juni 2020. Tujuan masa transisi ini adalah agar kasus Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikendalikan supaya angka-angkanya tidak lagi meningkat dengan cara mendisiplinkan masyarakat lewat protokol kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB Transisi, Toko di Jakarta Diterapkan Sistem Ganjil Genap, Begini Pengaturannya"

Editor : Sandro Gatra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini

Terbaru