Pulau Jawa kembali bebas dari zona merah corona

Rabu, 14 April 2021 | 07:02 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Pulau Jawa kembali bebas dari zona merah corona

ILUSTRASI. Pulau Jawa kembali bebas dari zona merah corona


COVID-19 - Jakarta. Tren kenaikan zona merah corona di Indonesia kembali berlanjut. Namun, peningkatan zona merah corona terjadi di luar Pulau Jawa. Sedangkan di Pulau Jawa kini kembali bebas dari zona merah corona.

Jumlah zona merah corona dalam penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat.  Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada 11 daerah berstatus zona merah corona di Indonesia per 11 April 2021.

Jumlah tersebut meningkat dari pekan sebelumnya, hanya ada 10 kabupaten/kota di Indonesia yang berstatus zona merah corona. Penambahan zona merah corona karena penambahan kasus Covid-19 terus terjadi setiap hari.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Selasa (13/4) ada tambahan 5.702 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.577.526 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 6.349 orang sehingga menjadi sebanyak 1.426.145 orang.Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 126 orang menjadi sebanyak 42.782 orang.

Zona merah corona adalah daerah berisiko tinggi penularan virus corona penyebab Covid-19. Satgas Covid-19 memperbarui data zona penularan virus corona, dari zona merah, zona hijau, dan zona oranye setiap minggu.

Per 11 April 2021, zona merah corona terbanyak berada di Bali yang mencapai 4 wilayah. Kemudian disusul Kalimantan Selatan dan Sumatra Utara yang masing-masing menyumbang dua wilayah zona merah corona.

Di Pulau Jawa kini bebas dari zona merah corona. Pekan sebelumnya, ada satu wilayah zona merah corona di Pulau Jawa yakni di Kota Tangerang Selatan, Banten.

Meski demikian, Pulau Jawa masih rawan dari penyebaran virus corona. Pasalnya, banyak wilayah berstatus zona oranye corona.

Baca juga: Simak penjelasan WHO tentang mutasi virus corona yang diperkirakan lebih mematikan

Berikut daftar zona merah corona di Indonesia berdasarkan data terbaru, 11 April 2021: 

Zona Merah Corona di Sumatra Utara

  • Deli Serdang
  • Kota Medan

Zona Merah Corona di Sumatra Selatan

  • Kota Palembang

Simak daftar zona merah corona lainnya di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru