Puncak Arus Balik, Polisi Berencana Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota Jakarta

Sabtu, 29 April 2023 | 10:44 WIB Sumber: Kompas.com
Puncak Arus Balik, Polisi Berencana Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota Jakarta

ILUSTRASI. Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghadapi puncak arus balik Lebaran pada 30 April dan 1 Mei 2023.


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk menghadapi puncak arus balik Lebaran 2023 yang diprediksi terjadi pada 30 April dan 1 Mei 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan bahwa puncak masyarakat ke Ibu Kota diperkirakan pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5). Untuk itu, kepolisian bakal menerapkan contraflow di tol dalam kota bagi kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta apabila terjadi kepadatan.

"Tapi tanggal 29 April kami tetap waspada. Tanggal 30 April dan tanggal 1 Mei inilah puncak-puncak dari pada pelaksanaan arus balik yang ada masuk kota Jakarta," ujar Latif dalam keterangannya, Sabtu (29/4).

Latif mencontohkan, salah satu lokasi yang mungkin diberlakukan contraflow adalah tol dari arah Cawang menuju kawasan Semanggi dan Tomang.

"Kami pun di dalam kota persiapkan yaitu jalur yang Cawang sampai menuju ke depan Polda kami akan lakukan contraflow. Itu pun sangat sangat situasional kegiatan ini," kata Latif.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini, Diprediksi Terjadi Lonjakan Arus Balik Angkutan Umum

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo telah memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran ke Jakarta akan terjadi pada 29-30 April 2023. Kendati demikian, Syafrin menjelaskan, sudah ada pemudik yang tiba di beberapa terminal Jakarta sejak setelah hari H Lebaran.

Menurut dia, terminal yang sudah mulai kedatangan pemudik arus balik yakni Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok, dan Terminal Pulo Gebang.

Untuk mengatasi penumpukan kendaraan saat arus balik, pihaknya akan menyiagakan bus transjakarta di terminal-terminal Ibu Kota. Pelayanan bus transjakarta juga akan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB, dari yang sebelumnya hanya hingga pukul 22.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Puncak Arus Balik 2023, Polisi Berencana Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota Jakarta.
Penulis: Tria Sutrisna
Editor: Diamanty Meiliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru