PUPR desain tol lingkar luar di kawasan ibu kota baru

Selasa, 17 Desember 2019 | 20:23 WIB   Reporter: Abdul Basith
PUPR desain tol lingkar luar di kawasan ibu kota baru

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau kesiapan Tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Kaltim, Selasa (17/12/2019). Hari ini Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya Tol Balikpapan


KONTAN.CO.ID - SAMBOJA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) desain tol lingkar luar di kawasan ibu kota. Hal itu diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai peresmian tol Balikpapan Samarinda (Balsam), Selasa (17/12).

Nantinya tol lingkar luar akan mempermudah akses ke kawasan ibu kota baru. "Ini akan kita buat jalan tol semua, jadi akan ada jalan kayak JORR (Jakarta Outer Rong Road)," ujar Basuki.

Beberapa tol akan menyambung ke sejumlah daerah. Selain Pualu Balang, nantinya tol lingkar luar ibu kota akan tersambung dengan kawasan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca Juga: Saat para menteri Jokowi harus berjalan kaki menuju lokasi ibu kota baru

Nantinya akan ada jalan nasional dari Banjarmasin, Kalsel. Jalan nasional tersebut terhubung dengan tol masuk ke kawasan ibu kota baru.

Skema pembangunan tol tersebut masih belum ditentukan. Bisa saja pembangunan tol menggunakan skema lelang atau pun penugasan.

"Mungkin lelang karena kan pak presiden ingin masuk swasta lebih banyak tapi tol kan berat, kadang swasta juga kesulitan," terang Basuki.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta agar tol Balsam terhubung dengan kawasan ibu kota baru. Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru