Saat para menteri Jokowi harus berjalan kaki menuju lokasi ibu kota baru

Selasa, 17 Desember 2019 | 19:53 WIB   Reporter: Abdul Basith
Saat para menteri Jokowi harus berjalan kaki menuju lokasi ibu kota baru

Akses jalan yang terbatas, para menteri berjalan kakai di lokasi ibu kota baru Penajam Paser Utara, Selasa (17/12)


IBU KOTA - PENAJAM PASER UTARA. Akses jalan menuju lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur masih belum baik.

Jalan di daerah perbukitan tersebut masih belum dilapisi oleh aspal. Akses di kawasan konsensi PT ITCI yang dilintasi oleh kendaraan tersebut masih hanya dilapisi aspal.

Kondisi jalan semakin memburuk ketika hujan turun. Jalan tanah tersebut menjadi licin dan rawan bagi mobil untuk mengalami slip terutama bagi kendaraan yang tidak didesain khusus untuk jalanan tanah.

Salah satunya adalah mobil Toyota Hiace yang ditumpangi rombongan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Ketika menanjak, mobil tersebut menapaki jalur yang salah.

Baca Juga: Pindahkan ibu kota, Jokowi mengetuk pintu permisi ke tokoh msyarakat Kaltim

Alhasil mobil yang ditumpangi menteri itu mengalami slip dan terhenti. Menteri yang ada di dalam pun memutuskan segera keluar kendaraan dan melanjutkan perjalanan berjalan kaki hingga akhirnya dipindah dengan mobil lainnya.

Menteri yang turun antara lain ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Akses jalan buruk juga tidak hanya diperlihatkan di kawasan ibu kota baru. Akses Jl. Raya Provinsi Samboja juga masih dalam kondisi yang tidak baik.

Meski sudah diaspal atau di beton pada sebagian jalan, masih terdapat lubang-lubang besar yang menghambat perjalanan. Jalan tersebut pun hanya mampu dilewati oleh dua mobil.

Baca Juga: Jokowi minta tol Balikpapan-Samarinda disambungkan dengan ibu kota baru

Perjalanan menuju ibu kota baru tersebut memakan waktu yang cukup panjang. Kurang lebih perjalanan tersebut ditempuh selama sekitar 2 jam dari pintu tol Samboja.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru