Puting beliung terjang Lamongan, sebanyak 23 rumah rusak

Sabtu, 12 Januari 2019 | 20:33 WIB   Reporter: kompas.com
Puting beliung terjang Lamongan, sebanyak 23 rumah rusak


PUTING BELIUNG - LAMONGAN. Hujan lebat disertai angin beliung menerjang dua desa yang berada di Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu (12/1) siang. Akibatnya, 23 rumah di Desa Glagah dan Desa Margoanyar mengalami kerusakan. 

"Kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB siang tadi, dengan hujan lebat disertai angin puting beliung membuat beberapa rumah warga rusak. Kebanyakan rusak di bagian atap," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Suprapto, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu. 

Dari 23 rumah warga yang mengalami kerusakan, sebanyak tujuh rumah berada di wilayah Desa Margoanyar. Sedangkan 16 rumah yang rusak lainnya, masuk dalam wilayah Desa Glagah. "Untuk korban jiwa, sejauh ini masih belum ada laporan alias nihil. Baru sebatas kerugian material saja," ujar Suprapto. 

Selain menerjang rumah warga, angin puting beliung juga merusak beberapa perkantoran dan fasilitas milik negara yang berada di wilayah tersebut. "Kantor Koramil (Glagah) mengalami kerusakan di bagian atap. Puskesmas Glagah, mengalami hal serupa di bagian ruang perawatan dan rawat jalan. Sementara antena reporter perhubungan di Gudang KUD Glagah juga roboh," kata dia. 

"Ada juga pohon yang tumbang, dari tugu lonjong sampai KUD Glagah sekitar 17 batang, yang menyebabkan tiang listrik dan kabel telepon menjadi ikut rusak," lanjut Suprapto. 

Saat ini, BPBD Lamongan terus melakukan koordinasi bersama pihak terkait serta dibantu warga melakukan evakuasi pohon tumbang yang sebagian masih menutupi akses jalan raya. (Hamzah Arfah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puting Beliung Terjang Lamongan, 23 Rumah Rusak"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru