Rayakan Idul Adha, 4.000 Jemaah Muhammadiyah Gelar Shalat Id Berjemaah di Jagakarsa

Sabtu, 09 Juli 2022 | 08:35 WIB Sumber: Kompas.com
Rayakan Idul Adha, 4.000 Jemaah Muhammadiyah Gelar Shalat Id Berjemaah di Jagakarsa

ILUSTRASI. ibadah Shalat Idul Adha


IDUL ADHA - JAKARTA. Berbeda dengan penetapan pemerintah, kelompok Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 pada Sabtu (9/7). Sejumlah umat Islam dari kelompok Muhammadiyah pun telah melaksanakan shalat Id berjemaah pada hari ini.

Salah satunya berlangsung di Lapangan Al-Bayyinah Muhammadiyah, di Jalan Moch Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com yang dikutip Kontan.co.id, para jemaah memadati area lapangan yang berada di pinggir jalan raya tersebut. Mereka dengan khusyuk melaksanakan shalat berjemaah hingga mendengarkan ceramah yang disampaikan.

Pintu-pintu masuk ke area lapangan pun dijaga panitia pelaksana dari kelompok Muhammadiyah. Tampak alat pengukur suhu, hand sanitizer, dan masker disediakan dalam rangka penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Ingin ke Puncak di Akhir Pekan? Begini Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Puncak Bogor

Di sisi lain, sejumlah kendaraan roda dua dan empat milik para jemaah terparkir di bahu jalan dan gang-gang sekitar lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha kelompok Muhammadiyah itu.

Petugas Polsek Jagakarsa bersama warga setempat pun bersiaga dan bersama-sama mengatur arus lalu lintas di lokasi. Meski begitu, tidak ada kemacetan lalu lintas yang berarti di sekitar Lapangan Al-Bayyinah.

Kapolsubsektor wilayah Jagakarsa, Polsek Jagakarsa Iptu M Yassin mengatakan, terdapat kurang lebih 4.000 jemaah yang mengikuti shalat berjamaah di Lapangan Al-Bayyinah.

Para jemaah tersebut mayoritas berasal dari berbagai daerah di sekitar Jagakarsa, seperti Depok, Jawa Barat.

"Yang datang ini ada kurang lebih 4.000 jemaah. Ini dari mana-mana, kan ini berbatasan dengan Depok. Makanya kan banyak yang bawa mobil, motor," ujar Yassin.

Penulis : Tria Sutrisna
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4.000 Jemaah Muhammadiyah Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah Berjemaah di Jagakarsa".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru