Realisasi Vaksinasi PMK Sumatera Utara Capai 90%

Selasa, 01 November 2022 | 13:25 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Realisasi Vaksinasi PMK Sumatera Utara Capai 90%

ILUSTRASI. Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi perah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jarwansyah mengapresiasi capaian Provinsi Sumatera Utara yang telah melakukan kegiatan vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) hingga lebih dari 90% alokasi yang ada. Hal tersebut berkaca pada capaian vaksinasi PMK secara nasional belum mencapai 20%.

“Secara nasional vaksinasi belum 20 persen, tapi alhamdulillah berdasarkan data terakhir, vaksinasi di Sumatera Utara sudah lebih dari 90%,” kata Jarwansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11).

Baca Juga: Aturan Baru Satgas: Wajib Vaksin PMK Dosis 1 Bagi Lalu Lintas Ternak Antarwilayah

Berdasarkan capaian tersebut, ia memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah beserta Satgas PMK daerah atas kerja keras yang telah dilakukan dalam penanggulangan PMK di Provinsi Sumatera Utara. Adapun untuk daerah lain, Ia meminta untuk untuk mempercepat kegiatan vaksinasi bagi yang masih memiliki persediaan.

Selain vaksinasi, Ia juga menyampaikan arahan dari Kepala Satgas PMK kepada pemerintah dan Satgas PMK daerah, yaitu melakukan biosecurity yang ketat dari lingkup kendang hingga pulau, pengobatan bagi ternak yang sakit, percepatan vaksinasi, potong bersyarat, segera membentuk Satgas PMK dan menetapkan POV Kabupaten/Kota, melakukan penganggaran BTT, hingga melibatkan komponen pentahelix.

“Ini semua nantinya menjadi bahan laporan kami kepada Presiden sehingga beliau dapat mengambil kebijakan agar PMK segera berakhir di Indonesia,” tambahnya.

Staf Ahli Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Agus Triyono melaporkan, kondisi terkini PMK pada tingkat provinsi saat membuka rapat monitoring dan evaluasi untuk mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Atasi PMK, Kementan Dapat Tambahan Pagu Anggaran Sebesar Rp 1,7 Triliun Tahun Depan

Dimana berdasarkan data per tanggal 20 Oktober 2022, vaksinasi di Sumatera Utara mencapai 143.303 dosis dengan jumlah kasus 19.944 ekor.

"Ternak yang membaik 19.705 ekor, sakit atau proses penyembuhan sebanyak 211 ekor yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota,” jelas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru