Rekomendasi BMKG terkait cuaca di Gunung Semeru hari ini

Senin, 06 Desember 2021 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Rekomendasi BMKG terkait cuaca di Gunung Semeru hari ini


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Kondisi cuaca di Gunung Semeru hingga hari ini, Senin (6/12/2021), masih berpotensi hujan. 

"Masih ada potensi hujan di daerah lereng (Gunung Semeru) ya, pada siang hingga sore hari besok," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), A. Fachri Radjab dalam konferensi pers Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana, Minggu (5/12/2021). 

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut juga masih berpeluang terjadi sejak malam ini. Fachri berkata, peringatan tentang potensi hujan ringan hingga sedang dan lebat khususnya di siang hari ini menjadi sangat penting untuk teman-teman relawan dan personel TNI-Polri di lapangan nanti. 

Sebab, potensi hujan lebat ini memungkinan daerah aliran lahar yang masih panas 3 hari ini akan diguyur atau disiram huja besok hari. Oleh karena itu, Fachri mengingatkan agar semua pihak harus terus berkoordinasi untuk memitigasi kondisi buruk yang bisa terjadi. 

Baca Juga: PVMBG: Masih ada potensi erupsi dan awan panas guguran susulan di Gunung Semeru

Begitupun masyarakat di daerah rawan, diimbau untuk sebaiknya menjauhi kawasan radius aman minimal jarak 5 kilometer dari gunung dan mengungsilah ke tempat yang dinyatakan aman oleh BNPB. 

Rekomendasi PVMBG KESDM 

Berdasarkan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Gunung Semeru masih dalam status level II (Waspada). Oleh sebab itu ada beberapa rekomendasi yang perlu diingat oleh masyarakat terkait erupsi Gunung Semeru ini. 

Masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara. 

Baca Juga: BNPB akan berikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya terdampak erupsi Semeru

Serta, mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sarat.  

"Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya," tulis PVMBG KESDM.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG: Malam Ini dan Besok, Gunung Semeru Masih Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat"
Penulis : Ellyvon Pranita
Editor : Gloria Setyvani Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru