Jawa Barat

Ridwan Kamil: Kota Bekasi paling taat, Depok paling tidak patuh protokol kesehatan

Senin, 18 Januari 2021 | 18:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ridwan Kamil: Kota Bekasi paling taat, Depok paling tidak patuh protokol kesehatan

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan hasil evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah di Jabar.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan hasil evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah di Jabar. Dalam kategori kedisiplinan, Kota Bekasi dinilai paling taat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu dikatakan Ridwan saat menghadiri konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jabar, Senin (18/1).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, metode penilaian berdasarkan hasil pemantauan lapangan yang dilakukan jajaran Satpol PP, TNI dan Polri. Ada dua indikator penilaian, yakni menjaga jarak dan memakai masker.

"Yang bisa menjaga patuh menjaga jarak, juga jatuh kepada Kota Bekasi. Jadi Kota Bekasi dinilai se-Jabar paling disiplin. Walaupun belum sempurna, tapi paling disiplin dibandingkan yang lain," kata Emil.

Baca Juga: Tinggi, positivity rate corona di Depok lebih dari 30%

Sementara Kota Depok dianggap paling tidak patuh dalam urusan menjaga jarak. Lalu, Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling tidak patuh dalam hal memakai masker.

"Kemudian yang tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok. Yang paling tidak patuh mengenakan masker adalah Kabupaten Tasikmalaya. Nanti detailnya saya share ya," kata Emil.

Kepada warga Kota Bekasi, Emil berharap kedisiplinan itu tetap dipertahankan. Sementara bagi daerah yang belum patuh, ia meminta bupati dan wali kota untuk terus mengedukasi masyarakat.

"Jadi kepada yang sudah patuh tolong pertahankan dan kepada yang tidak patuh saya titip ada wali kota dan bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya, karena tingkat kepatuhan di Jabar itu antara 60-70 persen dari rata-rata sebelum PPKM 50 persen," kata Emil.

Baca Juga: Kasus corona Depok mendaki menuju puncak pandemi yang tak terbayangkan!

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Abba Gabrillin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Daerah Paling Disiplin dan yang Sangat Tidak Patuh Prokes di Jabar".

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru