Tinggi, positivity rate corona di Depok lebih dari 30%

Senin, 18 Januari 2021 | 14:36 WIB Sumber: Kompas.com
Tinggi, positivity rate corona di Depok lebih dari 30%

ILUSTRASI. Tingkat kepositifan atau positivity rate corona di Depok masih tinggi.


VIRUS CORONA - DEPOK. Tingkat kepositifan atau positivity rate corona di Depok masih tinggi. Satu dari 3-4 orang yang dites swab PCR di Depok terkonfirmasi positif Covid-19. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, mengonfirmasi soal tingkat kepositifan/positivity rate itu.

"Kami meminta report mingguan, rata-rata 30% dari 500 (sampel yang dites) per hari (di Labkesda Kota Depok). Rata-rata mingguan, saat ini masih di angka 30% (positivity rate Covid-19)," jelas Dadang kepada wartawan, Senin (18/1).

Kapasitas pemeriksaan 500 sampel di Labkesda, kata Dadang, merupakan kemampuan maksimal laboratorium tersebut. Namun, di luar Labkesda, pemeriksaan swab PCR warga Depok juga dilakukan di tempat lain seperti rumah sakit yang memiliki laboratorium PCR dan BTKLPP Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Zona merah corona di Indonesia naik jadi 70, lonjakan dari Lampung, Jawa Barat, Bali

Sehingga, jumlah tes PCR harian di Depok diperkirakan lebih dari 500 orang. "Tes kita sekarang masif. Ketika ada kasus positif, kita lakukan tracing kepada kontak erat, yang kontak erat itu kita tes," ujar Dadang.

"Itu yang terus kita lakukan, makanya kasus akan terus bertambah karena kita tesnya juga di seluruh puskesmas. Saat ini, kalau untuk di lingkup Dinas Kesehatan, 38 puskesmas melakukan tes terutama untuk kontak erat," ia menjelaskan.

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok tidak membuka realisasi jumlah tes PCR harian yang dilakukan, seperti halnya Jakarta, sehingga publik tak dapat menghitung sendiri positivity rate.

Berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com, sepekan terakhir (11-17 Januari 2021) jadi puncak temuan kasus baru Covid-19 di Depok, dengan total 2.195 kasus baru sepekan (rata-rata 313,5 kasus baru per hari).

Pada kurun 4-10 Januari 2021, temuan kasus baru Covid-19 sebanyak 1.624 (rata-rata 232 kasus baru per hari).

Mundur lagi, pada periode 28 Desember 2020-3 Januari 2021, temuan kasus baru Covid-19 sejumlah 1.717 (rata-rata 245,3 kasus baru per hari).

Sebagai perbandingan, positivity rate mingguan di Jakarta saat ini berkisar di angka 18%-19%, sementara nasional sekitar 27%-28%.

Namun, jika dibedah secara harian, beberapa kali positivity rate Jakarta mencapai lebih dari 20%, dan positivity rate nasional tembus 30%-an.

"Saat ini (kasus Covid-19 di Depok) didominasi masih dalam klaster keluarga. Jadi kalau kita lihat, rantainya itu keluarga-tempat kerja-komunitas," imbuh Dadang.

Baca Juga: Orang Tanpa Gejala menularkan virus corona dengan cara ini, hati-hati!

Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Sandro Gatra

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Positivity Rate Covid-19 di Depok Dilaporkan Lebih dari 30 Persen".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru