CLOSE [X]

Ruas Jalan Arteri Padalarang Macet, Polisi Terapkan One Way hingga GT Padalarang

Sabtu, 07 Mei 2022 | 21:56 WIB Sumber: Kompas.com
Ruas Jalan Arteri Padalarang Macet, Polisi Terapkan One Way hingga GT Padalarang

ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan pemudik menuju Bandung-Jakarta antre di jalur selatan Kadipaten Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (28/4/2022).


KONTAN.CO.ID - BANDUNG BARAT. Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan arteri, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Sabtu (7/5) malam. Kemacetan di jalan tersebut mengular dari kawasan Padalarang dengan ekor kemacetan berada di Cipatat.

"Kemacetan terjadi dari arah Cianjur menuju Kota Bandung. Kemacetan ini terpantau sejak siang hari tadi," ujar Kanit Laka Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subekti di sela pengaturan arus lalu lintas.

Untuk mengurai itu, polisi melakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way). One way itu diberlakukan untuk kendaraan yang mengarah dari Cianjur menuju Kota Bandung.

"Sampai pukul 19.30, kami sudah melakukan rekayasa one way sebanyak 4 kali," sebut Bayu.

Baca Juga: One Way Menuju Jakarta Diperpanjang, Kini dari Simpang Susun Bawen hingga GT Halim

Rekayasa lalu lintas satu jalur itu diberlakukan dari Ciburuy sampai Gerbang Tol Padalarang. Rekayasa one way ini untuk mempercepat arus kendaraan yang menumpuk di ruas Jalan Raya Padalarang.

"Kami lakukan one way untuk menarik kendaraan dari arah Cianjur. Kami lakukan one way dari Ciburuy sampai Gerbang Tol Padalarang," kata Bayu.

Sementara itu pemudik asal Bogor, Daud (38) menceritakan kemacetan yang dialaminya. Dia terjebak kemacetan dari daerah Gunung Masigit hingga Ciburuy selama hampir 1 jam. Mobil yang dia kendarai hanya bisa melaju maksimal 5 kilometer per jam.

Baca Juga: Imbas One Way di Tol, Kepadatan Arus Lalu Lintas Terjadi di Jalur Arteri Kota Bekasi

"Iya tadi sudah macet sejak Citatah dan Gunung Masigit. Sampai (Ciburuy) ini hampir satu jam," ungkap Daud.

Daud hendak pulang ke rumahnya di kawasan Cicaheum, Kota Bandung. Dia berharap one way yang dilakukan petugas kepolisian bisa efektif mengurai kemacetan. "Semoga lekas lancar, karena sebentar lagi masuk Tol. Biasanya kemacetan di Pasar Padalarang," tutur Daud.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ruas Jalan Arteri Padalarang Macet, Polisi Terapkan "One Way" hingga Gerbang Tol.
Penulis: Kontributor Bandung Barat dan Cimahi, Bagus Puji Panuntun
Editor: I Kadek Wira Aditya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru