Ruas jalan Bandung-Tasikmalaya longsor di Malangbong

Selasa, 25 Desember 2018 | 11:56 WIB Sumber: Kompas.com
Ruas jalan Bandung-Tasikmalaya longsor di Malangbong

ILUSTRASI. Lalu lintas Malangbong


INFRASTRUKTUR DAERAH - GARUT. Ruas jalan nasional lintas Bandung-Tasikmalaya, Selasa (25/12) pagi pukul 04.00 tertimpa longsoran tanah di Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong. Longsoran, menutup badan jalan hingga menganggu arus lalulintas dari arah Bandung ke Tasikmalaya dan sebaliknya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria longsoran berasal dari tebing di pinggir jalan setinggi kurang lebih 20 meter dengan lebar 15 meter. Akibatnya, setengah badan jalan tertutup material longsoran.

Menurut Dadi, longsoran terjadi bukan hanya karena curah hujan yang tinggi. Namun, kondisi tanah yang labil membuat di tempat kejadian membuat tanah mudah tergerus longsoran. Saat ini, alat berat telah diturunkan untuk membersihkan material longsoran.

Kasatlantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro membenarkan adanya longsoran yang menutup badan jalan di ruas jalan raya Bandung-Tasikmalaya tepatnya di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong. “Longsoran tepatnya di depan rumah makan Rido Manah Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong, anggota sudah ada di lokasi melaksanakan manual pengaturan arus lalulintas,” katanya.

Selain mengatur arus lalulintas, menurut Rizky pihaknya juga sudah mengerahkan mobil pemadam kebakaran yang telah disiagakan di kawasan Limbangan untuk melakukan pembersihan material longsoran yang menutupi badan jalan.

“Alat berat juga sudah kami hubungi dan sedang dalam perjalanan dengan pengawalan anggota kami ke lokasi,” katanya. Rizky menambahkan, akibat longsoran tersebut, setengah badan jalan tertutup material longsoran.

Karenanya, Polres Garut telah berkoordinasi dengan Polres Bandung dan Tasikmalaya. “Untuk mengurangi antrian kendaraan di lokasi, kami sudah koordinasi dengan Polres Bandung dan Polres Tasikmalaya agar arus lalulintas dialihkan,” jelasnya. (Ari Maulana Karang)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ruas Jalan Bandung-Tasikmalaya Longsor di Malangbong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru