Sambut gelaran WSBK Mandalika, Kemenhub gelar simulasi rekayasa lalu lintas

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 11:15 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Sambut gelaran WSBK Mandalika, Kemenhub gelar simulasi rekayasa lalu lintas


OLAHRAGA - JAKARTA. Jelang penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan simulasi manajemen rekayasa lalu lintas alias Tactical Floor Game (TFG). 

Sektetaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan, melalui simulasi ini, diharapkan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan saat acara dimulai dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib, dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. 

"Kemenhub dan seluruh pemangku kepentingan lainnya telah berkolaborasi dan menyepakati bahwa adanya event ini harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Djoko dalam keterangan resminya, Sabtu (9/10/202). 

Lebih lanjut Djoko mengatakan, semua pihak terkait tengah menyiapkan rencana operasi yang terstruktur dan terukur, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai selesainya acara. 

Baca Juga: Jabar masih bertahan di puncak klasemen sementara PON XX Papua

Kemenhub sendiri juga sudah memberikan dukungan dari sisi sarana dan prasarana transportasi di Lombok guna berlangsungnya acara. Untuk moda darat, ada kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas dengan membuat moda shifting dari kendaraan pribadi ke angkutan umum dari simpul transportasi menuju Sirkuit Mandalika. 

Operasional Penyelenggaraan Angkutan shuttle bus yang melayani pergerakan penonton di sekitar kawasan DPSP Mandalika, subsidi Operasional Angkutan Antar Moda dari dan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika. 

Masih ada lagi, yakni pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, dan Peningkatan Pelayanan Angkutan Penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok, peningkatan Bandar Udara International Zainuddin Abdul Madjid, dan pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas. 

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, penerapan simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas ini untuk memberikan gambaran terkait pelaksanaannya di lapangan. 

Baca Juga: Sejumlah atlet dan official PON tepapar Covid-19, begini respons JK

"Melalui simulasi ini diharapkan kita siap manakala menghadapi situasi yang tidak diinginkan," ucap Budi. 

Federation Internationale de Motcyclisme (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor World Superbike (WorldSBK) perdana pada November 2021. (Editor : Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sambut WSBK Mandalika, Kemenhub Gelar Simulasi Rekayasa Lalu Lintas"

Selanjutnya: Tak efektif tarik investasi, Hipmi minta KEK dievaluasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru