Sandiaga Uno: Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023

Kamis, 04 Mei 2023 | 14:28 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Sandiaga Uno: Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023

Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kini bersiap menyambut event internasional KTT Asean Summit ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.


INDUSTRI PARIWISATA -  JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa Labuan Bajo, terutama dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, siap menyambut delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. 

Menparekraf Sandiaga menjelaskan beberapa hal terkait kesiapan penyelenggaraan KTT tersebut.

Dari sisi akomodasi, terdapat 38 hotel mulai dari bintang 5 hingga bintang 3 dengan kapasitas lebih dari 1.500 kamar dan banyak homestay serta rumah kost yang banyak disewa oleh para wisatawan nusantara. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Potensi Sektor Parekraf Capai Rp 335,3 Triliun di Mudik Lebaran

"Selain itu, tersedia sekitar 26 kapal sebagai akomodasi alternatif atau hotel apung dengan kapasitas lebih dari 4.200 orang," ujar Sandiaga dalam siaran pers, Kamis (4/5).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memastikan partisipasi UMKM dan pelibatan restoran dan kafe, di mana terdapat sekitar 20 lokasi restoran dan kafe yang direkomendasikan untuk destinasi kuliner di Kota Labuan Bajo dan 40 UMKM parekraf lokal yang sudah terkurasi untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Bandar Udara Internasional Komodo Labuan Bajo juga telah dilakukan revitalisasi dan siap menampung tujuh parking stand dengan kapasitas empat pesawat narrow body dan tiga pesawat propeller. Sebagai upaya antisipasi, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan bandara alternatif sebagai tempat parkir pesawat para delegasi.

Sandiaga mengajak para delegasi, tamu, dan media untuk dapat berwisata di Labuan Bajo. Paket wisata yang ditawarkan berupa rekomendasi dan informasi kepada para delegasi terkait sailing package melihat satwa Komodo; lunch, dan dinner package; city tour ke beberapa destinasi seperti Gua Batu Cermin, Puncak Waringin, Water Front, dan Cunca Wulang; serta cultural package seperti ke Gua Rangkong, Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, Desa Wisata Liang Ndara, dan Kampung Melo.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur hingga 70 Gbps di Labuan Bajo

Kemenparekraf sebagai anggota bidang side events dalam Panitia Nasional Keketuaan Indonesia Pada KTT ASEAN 2023, akan menyelenggarakan event bernama "Pesta Rakyat: Labuan Bajo Street Carnival" pada Minggu, 7 Mei 2023, di Lapangan Wae Kasambi, Labuan Bajo. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui BPOLBF juga akan menghadirkan Mini Tourism Information Center (TIC) untuk menunjang informasi terhadap para delegasi, tamu, dan media di event ini. TIC di Labuan Bajo menyediakan berbagai informasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru