Satu bayi kembar siam Sidoarjo meninggal dunia

Kamis, 24 Desember 2015 | 21:35 WIB Sumber: Antara
Satu bayi kembar siam Sidoarjo meninggal dunia


SURABAYA. Salah satu bayi kembar siam dempet perut dari pasangan Yohanes Dwi Putra (37) dan Dianatalia (32), asal Kecamatan Candi, Sidoarjo, meninggal setelah menjalani operasi pemisahan organ oleh tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Salah satu bayi yang bernama Natalia Ivana Victoria meninggal dunia karena gagal fungsi multi organ disertai kelainan bawaan yang komplek," kata Kepala Neonatologi RSUD Dr Soetomo, Dr Agus Harianto SpA(K) di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan bayi Ivana telah menjalani operasi emergency demi keselamatan salah satu bayi pada hari Selasa (22/12), namun ia hanya mampu bertahan selama dua hari setelah sebelumnya dilakukan pengamatan secara Resusitasi dan observasi dari hari Senin (21/12) malam.

"Bayi pertama Ivana kondisinya setelah operasi juga belum stabil sehingga pasca operasi kami pindahkan ke 'Intensive Care Unit' atau ICU untuk pengawasan intensif di ruang ICU," paparnya.

Menurut dia, gagal fungsi multi organ disertai kelainan bawaan itu dikarenakan bayi Ivana dilahirkan secara operasi caesar dengan masa 32 minggu atau 8 bulan secara prematur, sehingga organ-organnya masih belum bekerja secara maksimal.

Sebelumnya, operasi pemisahan ini tidak seperti yang diinginkan, karena jam 12.30 WIB, bayi kembar siam yang bernama Natalie Ivone Victoria telah dinyatakan meninggal dunia terlebih dahulu.

Ketua tim operasi, Dr dr Arie Utariani Sp An KAP menjelaskan bayi dengan berat 1.700 gram ini diputuskan untuk operasi pemisahan, Selain itu, karena dinding perut tidak mencukupi, untuk sementara dinding perutnya ditutup dengan sitoplastik.

Sementara itu, ayah bayi kembar siam dempet perut Yohanes Dwi Putra telah merelakan dan mungkin ini yang diberikan oleh tuhan kepadanya.

"Hari pertama sudah tahu risikonya, namun dengan hasil yang seperti ini kami juga dapat menerima dengan ikhlas karena ini merupakan hasil yang terbaik yang diberikan oleh Tuhan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru