Sebanyak 267 Jiwa Terdampak Banjir di Wilayah Kebon Pala

Senin, 10 Oktober 2022 | 16:45 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 267 Jiwa Terdampak Banjir di Wilayah Kebon Pala

ILUSTRASI. Terdapat 267 jiwa di wilayah Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur terdampak banjir akibat air kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Terdapat 267 jiwa di wilayah Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur terdampak banjir akibat air kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/10/2022). Akibatnya, 267 jiwa harus diungsikan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 dan 02 Kampung Melayu, Jakarta Timur. 

"Terdapat 267 jiwa, terdiri dari 88 kartu keluarga (KK), ada 19 orang lanjut usia (lansia) dan 6 orang balita," demikian informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Timur, Senin (10/10/2022) siang. 

Salah satu warga yang mengungsi, Elifah (52), menuturkan bahwa banjir kerap terjadi di wilayah tempat tinggalnya. Apabila hujan tak kembali mengguyur dan cuaca cerah, warga di wilayah tersebut dapat mengetahui kapan banjir akan surut, sehingga mereka bisa segera meninggalkan pengungsian. 

Baca Juga: Banjir Mengintai, Begini Cara Lapor dan Pantau Banjir Jakarta secara Online

"Ini (banjir) sudah biasa, enggak kaget lagi, pasti ngungsi. Biasanya sore kami pulang," ujar Elifah. 

Elifah mengaku akan kembali ke rumahnya ketika air sudah benar-benar surut. Sementara itu Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman menuturkan bahwa ketinggian air perlahan turun hingga sore. 

Mengenai kondisi terkini di wilayah Kebon Pala, Gatot mengatakan bahwa air mulai surut, dari yang semula 175 sentimeter. 

"Di Kampung Melayu Kebon Pala ini, tadi kami lihat di pukul 09.00 WIB, ketinggian air masih 175 sentimeter. Namun, siang ini sudah menurun 20 sentimeter, kurang lebih 155 sentimeter sekarang," tutur Gatot. 

Meski ketinggian air terus menurun, Sudin Gulkarmat tetap menyiagakan beberapa personel di lokasi dan satu unit kendaraan rescue untuk membantu para warga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "267 Jiwa Terdampak Banjir di Wilayah Kebon Pala"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru