kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sebanyak 350 orang korban penipuan Akumobil, kerugian mencapai Rp 35 miliar


Selasa, 05 November 2019 / 16:36 WIB

Sebanyak 350 orang korban penipuan Akumobil, kerugian mencapai Rp 35 miliar
ILUSTRASI. Barang bukti tindak kejahatan penipuan online ditunjukkan pada wartawan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (30/5/2017). Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap enam orang tersangka dari empat kasus yang berbeda yaitu kasus pe


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Polisi membuka posko pengaduan korban Akumobil, sebuah perusahaan jasa penjualan mobil murah di Bandung. Sementara ini ada sekitar 350 orang yang terdata sebagai korban.

"Kita buka posko, silakan bagi korban agar melaporkan di posko kami agar kami data siapa saja yang jadi korban. Sementara sampai hari ini ada sekitar 350 orang mendaftar sebagai korban," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai, di Mapolrestabes Bandung, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Bangun Percaya Sosial hadirkan credit scoring bagi perusahaan keuangan dan fintech

Dari seluruh korban yang mendaftar di posko tersebut, kerugian yang terdata sementara mencapai puluhan miliaran rupiah. "Sekitar 35 miliar," kata Rifai. 

Seperti diketahui, polisi telah menetapkan tersangka terhadap Direktur Utama Akumobil yang berinisial BJB. Dijelaskan, tersangka ini membuat suatu PT bernama Akudigital Indonesia atau Akumobil. 

Perusahaan ini menawarkan mobil seharga Rp 50 sampai Rp 59 juta, padahal harga sebenarnya di pasaran sekitar RP 150 juta. "Mobil yang ditawarkan itu berupa Mobilio, Ayla, Kayla, kemudian akan diberikan satu setengah bulan kerja berarti sekitar dua bulan.

Namun pada kenyataannya ada sebagian kecil yang sudah diberikan kepada nasabah namun sebagian besar yang belum diberikan," katanya. 

Baca Juga: Tips sukses dari Miliarder Ray Dalio pendiri hedge fund terbesar di dunia

Mengingat kendaraan yang dibeli para konsumen itu tak kunjung datang, beberapa waktu lalu, mereka mendatangi showroom Akumobil untuk menagih janji perusahaan.

"Tapi tidak ada solusi kemudian kita amankan, kemudian kita lakukan pemeriksaan dan tetapkan satu orang (tersangka)," katanya. 

Polisi masih menyelidiki aliran uang konsumen Akumobil tersebut. "Kami masih selidiki," katanya. Sebelumnya, polisi mengamankan tujuh orang pegawai Akumobil, yang terdiri dari direktur dan staf untuk diperiksa. 

Ketujuhnya diamankan Kamis (31/10/2019) malam, ketika konsumen perusahaan itu menggeruduk kantor Akumobil yang berada di Jalan Sadakeling, Kota Bandung.

Baca Juga: Mengapa Elon Musk mengatakan liburan akan membunuhmu?

Mereka memprotes perusahaan tersebut lantaran kendaraan yang dibelinya tak kunjung datang. "Mereka protes karena dua tiga bulan kendaraan tak kunjung ada," katanya. (Kontributor Bandung, Agie Permadi)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "350 Orang Jadi Korban Penipuan Akumobil, Kerugian Capai Rp 35 Miliar", 


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×