Jawa Tengah

Secara virtual, Ganjar resmi melantik Gibran jadi Wali Kota Solo

Jumat, 26 Februari 2021 | 10:40 WIB Sumber: Kompas.com
Secara virtual, Ganjar resmi melantik Gibran jadi Wali Kota Solo

ILUSTRASI. Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.

KONTAN.CO.ID - SOLO. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih periode 2021-2026, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi dilaktik di Gedung Graha Paripurna DPRD Solo pada Jumat (26/2/2021). Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual atau daring. 

Gibran dan Teguh dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo setelah Ganjar melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang. "Saya Gubernur Jawa Tengah atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara-saudari sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata Ganjar Pranowo dalam pelantikan virtual. 

"Saya percaya saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan atas nama Presiden Republik Indonesia," sambungnya. 

Baca Juga: Pilkada DKI tetap tahun 2024, Istana bantah isu jegal Anies dan calonkan Gibran

Dalam sambutannya Ganjar mengatakan jabatan adalah sebuah amanah. Ganjar juga meminta kepala daerah yang dilantik untuk menata niatnya untuk melayani masyarakat. "Kepada teman-teman, kawan-kawan, bupati, wali kota, beserta wakilnya tatalah niat mulai detik ini. Mantapkan tekad, dan tetapkan hati apa yang akan kita lakulan mulai hari ini sebagai kepala daerah," kata Ganjar. 

Ganjar juga mengajak kepala daerah yang baru dilantik untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan, meningkatkan perekonomian, pendidikan, dan teknologi. Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mengesahkan kemenangan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Swis Belhotel, Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021). 

Berita acara penetapan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Pilkada Solo 2020 dibacakan oleh Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti. Pasangan calon Gibran-Teguh memperoleh 86,53 persen suara. Sedangkan paslon Bajo memperoleh 13,45 persen suara. Pasangan Gibran-Teguh akan menggantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo yang purnatugas pada Rabu (17/2/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjar Resmi Lantik Gibran Jadi Wali Kota Solo"

Selanjutnya: Ganjar Pranowo terkejut: Impossible, mosok kantor gubernur banjir

 

Editor: Handoyo .
Terbaru