Sekitar 25 Hektar Lahan Sawah di Aceh Utara, Provinsi Aceh Rusak Akibat Banjir

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 15:19 WIB Sumber: Kompas.com
Sekitar 25 Hektar Lahan Sawah di Aceh Utara, Provinsi Aceh Rusak Akibat Banjir

ILUSTRASI. Terendam Banjir, 25 Hektar Sawah di Aceh Utara Terancam Gagal Panen. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.


PERTANIAN - ACEH UTARA. Sekitar 25 hektar lahan persawahan di Aceh Utara, Provinsi Aceh rusak parah akibat banjir. Jika tak juga surut maka petani terancam gagal panen. 

Camat Matangkuli, Aceh Utara, Edward BA dihubungi per telepon, Sabtu (7/10/2023) menyebutkan banjir juga merendam permukiman warga di kecamatan itu.

“Jika terendam dalam waktu lama, bisa dipastikan gagal panen. Mudah-mudahan segera surut banjir ini,” sebut Edward.

Selain itu, dia menyebutkan banjir merendam 2.643 warga yang tersebar di 12 desa. Di antaranya, Desa Leubok Pirak, Pante Pirak, Meunye Pirak, Tanjong Haji Muda, Hagu, Alue Tho, Ceubrek Pirak, Lawang Pirak, Beuringen Pirak dan Desa Punti Matangkuli.

Baca Juga: Tahun 2023 Diproyeksi Jadi Tahun Terpanas yang Pernah Tercatat

Sementara itu, prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara, Arijuddin mengatakan, kondisi cuaca dua hari kedepan di wilayah Aceh Utara, masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan maupun sedang.

Dikarenakan wilayah Aceh saat ini berada di belokan angin yang banyak terjadi pertumbuhan awan penghujan. Sehingga beberapa daerah di Aceh banyak turun hujan.

“Secara pembagian zona wilayah musim, maka Aceh Utara sudah dinyatakan masuk musim hujan. Dan diprediksikan puncak musim hujan di Aceh Utara di bulan November,”pungkasnya.

Baca Juga: BMKG Perkirakan Musim Hujan di Indonesia Baru akan Terjadi Pada November

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam tiga kecamatan di Aceh Utara yaitu Kecamatan Pirak Timu, Matangkuli dan Kecamatan Tanah Luas.

Ratusan warga mengungsi. Belum ada data kerusakan akibat banjir yang dilansir Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terendam Banjir, 25 Hektar Sawah di Aceh Utara Terancam Gagal Panen"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru